Jadi Mitra Perjuangan Membangun Jateng

1584
SIAP TENTUKAN CAWAGUB: Calon Gubernur Jateng Sudirman Said bersama pengurus PKS Jateng dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto belum lama ini. (JPG)
SIAP TENTUKAN CAWAGUB: Calon Gubernur Jateng Sudirman Said bersama pengurus PKS Jateng dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto belum lama ini. (JPG)

RADARSEMARANG.COM, JAKARTA – Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said mengungkapkan, banyak pihak mengusulkan nama-nama untuk pendampingnya di Pilgub Jateng 2018 mendatang. Pengusul dan nama-nama yang diusulkan berasal dari lembaga maupun perorangan, yang memiliki reputasi baik.

“Saya sedang mengkaji dan mempertimbangkan nama-nama yang diusulkan tersebut. Semuanya baik. Dan lembaga atau pihak yang mengusulkannya pun saya kenal baik,” kata Pak Dirman dalam dialog dengan media terkait calon wakil gubernur (cawagub) pilihannya, Selasa (2/1) di Jakarta.

Karena nama yang diusulkan reputasinya baik, pengusulnya juga baik, maka Pak Dirman bertekad akan menempatkan nama-nama yang diusulkan itu sebagai mitra perjuangan dalam membangun Jateng jika dirinya terpilih kelak.

“Yang harus saya pilih kan hanya satu, sementara yang diusulkan banyak. Jadi, saya akan menempatkan kandidat yang tidak terpilih itu sebagai mitra dalam perjuangan ke depan,” jelasnya.

Sebagai bakal calon gubernur, Pak Dirman berharap idealnya calon pasanganya adalah tokoh yang memiliki penerimaan dan akar budaya kuat di Jateng. Dan secara kualitatif saling melengkapi satu sama lain, dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sejauh ini telah muncul beberapa usulan nama, yang semakin hari semakin diyakininya sebagai tokoh-tokoh terbaik di Jateng.

“Hal ini patut saya syukuri sebagai kepercayaan kepada saya, dan sebagai bentuk dukungan nyata dalam proses-proses ke depan. Proses pemilihan nama-nama ini akan difinalkan dalam pekan ini,” imbuh dia.

Meskipun seluruh pimpinan partai politik pendukung telah memberi mandat kepada dirinya, Pak Dirman tetap akan menjaga fatsun, dengan terus berkonsultasi sebelum keputusan final diambil. Karena yang dipilih untuk bakal calon wakil gubernur (bacawagub) hanya satu orang, sementara usulan nama-nama demikian banyak, Pak Dirman menyatakan, jika dirinya terpilih nama-nama yang sempat diusulkan sebagai pendamping itu akan tetap dijadikan mitra dalam membangun Jateng.

“Nama-nama yang diusulkan adalah nama-nama yang memiliki reputasi baik. Saya tentunya memerlukan pikran dan tenaga untuk membangun Jateng,” jelas dia.

Saat ini nama-nama bacawagub yang tengah terus didalami Pak Dirman adalah Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), yang saat ini menjabat sebagai Ketua PKB Jateng sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Tegalrejo, Magelang. Kemudian Rustriningsih, mantan Wakil Gubernur Jateng periode 2008-2013, Ariyanti Dewi dari Partai Golkar, serta Gus Yasin dan Gus Kamil, keduanya Putra Mbah Maimoen Zubair.

Salah satu dari nama-nama itu dalam waktu dekat akan diumumkan sebagai pendamping Pak Dirman. Namun sebelum diumumkan, nama yang dipilih akan dikonsultasikan terlebih dulu kepada partai-partai pengusung, utamanya ke Gerindra, PAN, dan PKS.

“Saya akan menjaga fatsun politik. Sebelum diumumkan saya akan konsultasikan kepada ketiga partai yang pertama mengusung saya,” terang Pak Dirman. (har/aro)