Tim Asesor BAN-PT Visitasi Prodi Unisfat Demak

438
VISITASI: Rektor Unisfat Dra Suemy MSi menerima tim asesor dari BAN-PT untuk melakukan visitasi prodi. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
VISITASI: Rektor Unisfat Dra Suemy MSi menerima tim asesor dari BAN-PT untuk melakukan visitasi prodi. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan visitasi atau penilaian untuk sejumlah program studi (Prodi) di Univesitas Sultan Fatah (Unisfat) Demak.

Ini dilakukan untuk kepentingan akreditasi PT yang bersangkutan. Tim Asesor terdiri dari Dr Maman Abdurrahman dari Universitas Telkom, dan  Yani Nurhadiyani dari IPB Bogor. Kedatangan tim yang bertugas melakukan asesmen lapangan ini disambut Rektor Unisfat Demak, Dra Suemy MSi dan sejumlah dosen PT tersebut. Menurut Rektor Suemy, tim Asesor melihat langsung boring akreditasi yang dikirimkan sebelumnya oleh pihaknya ke BAN-PT terkait perpanjangan akreditasi prodi setiap 4 tahun sekali.

“Jadi, dengan dengan asesmen visitasi yang dilakukan BAN-PT ini dapat diketahui prodi yang dibuka itu sesuai dengan standar baku atau tidak. Kemudian, ada perkuliahan betul atau tidak dan jumlah dosen tetap sesuai acuan atau tidak. Minimal ada 6 dosen S2 setiap prodi. Selain itu, membuktikan sarana perkuliahan sesuai standar atau tidak,” katanya.

Tak hanya itu. Menurut Rektor Suemy, tim Asesor juga menanyai sejumlah alumni dan mahasiswa yang masih aktif. Bagi alumni, mereka sudah terdistribusi dimana saja dan lain sebagainya.  “Yang ditanyakan cukup banyak, termasuk sarana penunjang, program penelitian yang dilakukan, suasana akademik dan tata pamong di kampus,” ujarnya.

Dalam visitasi ini, prodi yang diakreditasi adalah prodi teknik informatika di Fakultas Teknik. Prodi lain yang hampir habis masa berlakunya adalah prodi teknik sipil. Sedangkan, prodi lain yang menyusul diakreditas padaFebruari-Maret yaitu, prodi teknik arsitektur, teknik elektro, dan sistem komputer. “Untuk hasil visitasi akan dikirim BAN-PT dikemudian hari,” katanya. (hib/bas)