Pasar Matik Masih Besar

886
BERGAIRAH : Pramuniaga mendampingi calon konsumen memilih sepeda motor di dealer Honda. Tahun ini, pasar motor matik diprediksi masih besar. (nurchamim/jawa pos radar semarang)
BERGAIRAH : Pramuniaga mendampingi calon konsumen memilih sepeda motor di dealer Honda. Tahun ini, pasar motor matik diprediksi masih besar. (nurchamim/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pasar motor matik di tahun 2018 ini diyakini masih menggiurkan. Berkaca pada tahun lalu, ada lima jenis motor matik Honda yang berhasil merajai pasar. Dari total penjualan tahun lalu kurang lebih 480.000 unit, sekitar 424.780 unit adalah motor jenis matik, sisanya adalah motor jenis cub dan sport.

Kepala Bagian Marketing Astra Motor Jawa Tengah, Sukamto Margono menjelaskan motor Honda masih diterima oleh masyarakat dan volume bisa tetap terjaga dengan penguasaan pangsa pasar yang meningkat. Highlight 2017, motor matik masih menjadi tipe yang paling banyak dicari oleh masyarakat. “Skutik masih mendominasi pasar Jawa Tengah. Secara fungsional memang skutik lebih mudah dan nyaman dikendarai untuk jarak tempuh dekat hingga sedang,” katanya.

Ia menerangkan, tipe pertama yang laris di pasaran adalah Honda Beat Sporty dengan jumlah yang sudah terjual mencapai 186.202 unit, Honda New Vario 125 dengan jumlah penjualan sebanyak 98.582 unit. Kemudian Scoopy yang ludes terjual sebanyak 66.800 unit. Kemudian Vario 150 yang berhasil dipasarkan sebanyak 39.488 unit dan New Vario 110 dengan terjual mencapai 33.708 unit.

“Motor matik tahun depan diprediksi masih akan merajai pasar, namun akan ada pergerakan dari motor sport. Hal ini dibuktikan dari data pangsa pasar motor sport di Jawa Tengah yang meningkat dari 51 persen  menjadi 56 persen  di tahun 2017,” jelasnya.

Untuk memperkuat penjualan motor sport, Honda memperkuatnya dengan meluncurkan CRF150L. Sampai saat ini, jenis tersebut laku sebanyak 120 unit. Selain CRF150L, pangsa pasar  skutik juga akan diperkuat dengan hadirnya All New PCX buatan Indonesia. “Skutik premium ini diharapkan bisa jadi pemain dominan pada 2018, melihat antusiasme segmen ini yang berkembang pesat pada dua tahun ke belakang,” ucapnya. (den/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here