RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Libur Natal dan Tahun baru, okupansi hotel di Kabupaten Semarang mencapai 100 persen. Ketua Badan Pimpinan Cabang Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Semarang, Fitri Rizani mengatakan okupansi tersebut paling banyak berada di hotel Bandungan.

Dimana banyak warga yang merayakan Natal dan malam pergantian tahun di kawasan wisata Bandungan. “Pembokingan kamar hotel rata-rata sudah sebulan sejak hari H,” ujar Fitri, Senin (1/1).

Meski banyak hotel yang masih kelas dibawah bintang tiga, namun jumlah pengunjung saat mementum seperti Natal dan pergantian tahun selalu meningkat. Dikatakannya, dibandingkan tahun sebelumnya terlihat animo pengunjung baik lokal maupun luar daerah yang begitu memadati wilayah kawasan wisata Bandungan.“Dikarenakan libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Seperti tahun-tahun sebelumnya kenaikan berkisar 100 persen dan semua tergantung kebijakan management masing-masing,” katanya.

Di bulan Desember 2017, lanjutnya, banyak sekali hotel-hotel yang dikunjungi tamu untuk melakukan berbagai event. Event-event yang dilakukan baik meeting, reuni, outbound maupun gathering sehingga tingkat okupansi hotel meningkat.

Khusus untuk malam tahun baru 2018, katanya, kebanyakan tamu telah membooxing sejumlah hotel yang bermaksud merayakan malam pergantian tahun di kawasan Bandungan. “Kami juga sangat berharap wilayah lain di Kabupaten Semarang dalam hal ini Wisata Kopeng, Bawen, Tuntang, Ambarawa dan Ungaran mengalami peningkatan yang sama,” tuturnya.

Saat ini jumlah hotel yang tercatat sebagai anggota PHRI Kabupaten Semarang sebanyak 95 unit. Terpisah, Direktur Utama Griya Persada Convention Hotel and Resort Bandungan, Sunarko mengatakan, pada malam tahun baru sebanyak 150 room full telah dipesan.

Sebagai pendatang baru dengan hotel bintang empat ini, Griya Persada dalam malam tahun baru menyajikan sendratari Ramayana. “Dengan puncak acara hiburan sendratari ramayana dengan lakon Anoman Obong. Cerita kepahlawanan Anoman ketika hendak merebut Dewi Shinta dari Rahwana,” tuturnya. (ewb/bas)