Menggunakan Handpone di Pembelajaran IPA

345
Oleh : Riniyati, SPd, MPd
Oleh : Riniyati, SPd, MPd

RADARSEMARANG.COM – DI ERA globalisasi, peran teknologi Handpone (HP) sangat penting dalam komunikasi, bisnis maupun mengarungi dunia maya. Bahkan, HP juga memiliki penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Terutama dalam kegiatan praktikum di laboratorium yang membutuhkan media gambar untuk melakukan pengamatan.

Guru mengupayakan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran, sudah menjadi keniscayaan para pendidik harus bisa membekali keterampilan kepada peserta didiknya. Oleh sebab itu, guru harus dapat memilih strategi dalam pembelajaran IPA, agar peserta didik termotivasi melakukan pengamatan pada objek IPA, sehingga peserta didik tidak bosan. Oleh sebab itu guru dapat memanfaatkan kamera HP, untuk pengambilan gambar.

Selama ini, pelajaran IPA kerap dikatakan sulit dan membosankan, karena guru dalam menyampaikan materi dengan model ceramah. Selain itu, materi pengamatan objek IPA dalam kegiatan pengamatan jasad renik memerlukan alat mikroskop, namun kenyataannya peserta didik justru kesulitan dalam menggambar objek yang diamati dari mikroskop tersebut. Kalaupun dipaksakan untuk tetap menggambar, hasilnya tidak sesuai dengan benda yang diamati. Gambar yang dihasilkan tidak berwarna, waktu yang diperlukan untuk menggambar juga lama.

Padahal, materi pengamatan objek IPA untuk kelas 1 semester 1 sebenarnya pelajaran yang sangat menarik, lantaran terkendala sulitnya menggambar, banyak peserta didik menjadi bosan dan tidak tertarik. Untuk mengantipasi kendala tersebut, siswa dapat kita libatkan dengan memotret memakai HP kamera yang dimiliki siswa.

Hasilnya, kegiatan ini memberikan motivasi dan daya tarik sendiri bagi siswa. Karena hewan bersel satu yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, ternyata dapat dilihat dengan alat mikroskop dan hasilnya sangat luar biasa dapat dipotret secara langsung dengan kamera HP milik mereka.