Razia Bus Pariwisata Tak Laik Jalan

444
PEJUANG TRANSPORTASI : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan penghargaan kepada para pejuang transportasi di Lawang Sewu. (Jon waheed/jawa pos radar semarang)
PEJUANG TRANSPORTASI : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan penghargaan kepada para pejuang transportasi di Lawang Sewu. (Jon waheed/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengintruksikan Kadishub seluruh Indonesia untuk melakukan razia bus pariwisata, khususnya di tempat-tempat wisata yang ada tanjakannya seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat armada yang tak laik jalan.

“Bus pariwisata 30 persen dianggap tidak layak. Bahkan petugas memberhentikan bus yang mengangkut wisatawan dari Thailand,” ungkap Budi usai memberikan penghargaan kepada pejuang-pejuang transportasi di Lawang Sewu, Semarang, Sabtu (30/12) malam.

Dia mencontohkan tempat-tempat wisata yang ada tanjakannya seperti di kawasan Puncak, Subang, Bandungan serta Baturaden. Menurutnya, bus yang tidak layak jalan, kemudian digunakan ke tempat tanjakan akan membahayakan bagi masyarakat.

Dikatakannya,  tranportasi sangat penting, bahkan transportasi harus dijalankan secara maksimal pada saat hari libur. Oleh karenanya pihaknya mengajak insan tranportasi untuk mengayomi serta menginspirasi walaupun tidak setimpal dengan keringat dan jerih payahnya.

Terkait dengan tertangkapnya seorang pilot di salah satu maskapai penerbangan yang menggunakan narkoba, pihaknya secara langsung melakukan punishment terhadap pilot tersebut sesuai dengan kesalahannya.

“Apabila terbukti secara positif menggunakan hal itu, tidak ada jalan lain kecuali mencabut sertifikat sebagai penerbang. Dan berkaitan dengan pidana pelaku pengguna itu adalah kewenangan dari instansi yang lain,” imbuhnya.

Dan bagi maskapai penerbangan itu sendiri akan dilakukan evaluasi bagaimana mereka melakukan pembinaan. Pihaknya akan membuat konsep tertentu dan konsep tersebut pernah dilakukan oleh negara-negara maju. (hid/ric)