Parade Cosplay Hingga Pesta Kembang Api

365
SELAMAT DATANG 2018: Penampilan band ibu kota Fade2Black di Indomaret Point Pemuda saat pesta pergantian tahun tadi malam. (kanan) Tasyakuran di lobi kantor Gubernur Jateng yang dihadiri Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Sekda Jateng Sri Puryono, dan Budayawan Prie GS. (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SELAMAT DATANG 2018: Penampilan band ibu kota Fade2Black di Indomaret Point Pemuda saat pesta pergantian tahun tadi malam. (kanan) Tasyakuran di lobi kantor Gubernur Jateng yang dihadiri Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Sekda Jateng Sri Puryono, dan Budayawan Prie GS. (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG Pesta pergantian tahun di lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang tadi malam relatif sepi. Bahkan, perayaan tanpa adanya pertunjukan ini, terkesan seperti pasar malam.  “Di sini saya hanya jalan-jalan sama saudara dan keponakan. Ya, sekadar naik becak hias,” ucap Irene, pengunjung warga Indramayu.

Sejak pukul 19.00, akses menuju jantung Kota Semarang ini ditutup. Lokasi penutupan dari arah timur atau Jalan Ahmad Yani mulai titik simpang empat Jalan Ki Mangunsarkoro. Dari arah barat atau Jalan Pandanaran mulai simpang KFC, dari arah selatan atau Jalan Pahlawan sebelum Kantor Gubernur Jateng, sedangkan dari utara atau Jalan Gajahmada mulai simpang empat pos polisi Kampung Kali.

AJIE MAHENDRA/JAWA POS RADAR SEMARANG
AJIE MAHENDRA/JAWA POS RADAR SEMARANG

Kasubag Humas Polrestabes Semarang Kompol Suwarna ditemui di Pos Patwal Simpang Lima mengatakan, di Lapangan Simpang Lima tidak adapertunjukan hiburan. “Hanya digelar Car Free Night,” katanya.

Pantauan di titik nol kilometer, kawasan Kota Lama Semarang tidak seramai tahun sebelumnya. Tidak ada panggung hiburan yang megah. Meski begitu, tetap ada lalu-lalang pengendara kendaraan bermotor, dan beberapa kelompok warga di sana.

Tahun ini, Pemkot Semarang mimindahkan pusat keramaian pergantian tahun dari titik nol kilometer ke halaman balai kota Jalan Pemuda.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Masdiyana Safitri mengungkapkan, panggung hiburan perayaan pergantian tahun senagaja dipindah ke Jalan Pemuda.

Di Hotel Grandhika Pemuda, tadi malam digelar parade cosplay. Lebih dari 200 pengunjung yang rata-rata menginap di hotel tersebut mengikuti acara dimulai dengan penampilan live musik band lokal Semarang. “Ini pertama kali Grandhika menggelar acara tahun baru, temanya Colour Fusion. Intinya kami memfasilitasi tamu yang rata-rata keluarga untuk bisa menikmati tahun baru walaupun di hotel,” ungkap PR Hotel Grandhika, Mega Rizkiana kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (31/12).

Di seberang Hotel Grandhika, tepatnya di Indomaret Point Pemuda tadi malam juga digelar pesta pergantian tahun. Kemeriahan mulai tampak sejak pukul 19.30 dengan penampilan band-band indie lokal Semarang. Puncaknya, tampil  band ibu kota, Fade2Black.

Di Pantai Marina Semarang, tadi malam disesaki pengunjung.  Sembari menunggu pesta kembang api dimulai, pengunjung menikmati suguhan musik dangdut dari panitia dalam temaram cahaya lampu dari bibir Pantai Marina.

Tak kalah meriahnya juga tampak di pesta tahun baru yang digelar di Ferris Club Citra Grand Semarang. Di sini, dihelat even spektakuler pertunjukan musik dan pesta kembang api. Sejak pukul 17.00, warga sudah berdatangan ke kompleks perumahan elit ini

Perayaan tahun baru tak melulu dengan meniup terompet atau menyalakan kembang api. Seperti yang dilakukan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemprov Jateng. Mereka justru menggelar tasyakuran di lobi kantor Gubernur Jateng, Minggu (31/12) malam.

Tasyakuran itu dihadiri Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Sekda Jateng Sri Puryono, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng, Ahmad Daroji, dan seluruh kepala OPD di lingkup Pemprov Jateng. Budayawan Prie GS pun hadir sebagai pengisi acara.

Heru menjelaskan, masih banyak PR yang belum tuntas dan harus dilanjutkan pada 2018. Utamanya soal pemangkasan kemiskinan dan turunannya. Seperti pengangguran, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. “Setiap tahun, angka kemiskinan memang selalu menurun. Tapi tidak signifikan. Karena itu, program pengentasan kemiskinan akan terus dilakukan tahun depan,” ucapnya. (mha/jks/sga/amh/tsa/aro)