RADARSEMARANG.COM – Banyak pilihan tempat bagi Anda yang malam ini hendak merayakan malam pergantian tahun. Namun Anda perlu siap-siap terjebak kemacetan lalu lintas. Selain itu, sejumlah ruas jalan juga akan dilakukan penutupan dan perubahan arah.

MALAM tahun baru kali ini, pusat keramaian di Kota Semarang diprediksi terjadi di lima lokasi. Yakni, Simpang Lima, Titik Nol Km depan Kantor Pos Besar Johar, Taman Tabanas Gombel, Jalan Pemuda depan Balai Kota, dan Pantai Marina.  Namun Jalan Pemuda depan Balai Kota Semarang diperkirakan yang paling meriah. Bahkan sejak pukul 19.00, akan dilakukan penutupan akses jalan menuju kawasan tersebut. Penutupan mulai titik depan Paragon Mal dan ujung Bundaran Tugu Muda.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi, menjelaskan, selama pesta tahun baru, juga dilakukan rekayasa arus lalulintas. Ruas Jalan MH Thamrin sementara dibuat dua arah mulai Kampung Kali sampai hingga Jalan Pandanaran.  Ruas Jalan Piere Tendean dibuat satu arah dibalik dari timur ke barat. Ruas Jalan Imam Bonjol dari Tugu Muda sampai dengan simpang empat Indraprasta dibuat dua arah.

“Selain itu, Jalan Indraprasta dibuat dua arah sampai simpang empat Indraprasta diarahkan ke kiri masuk arah Poncol.  Sedangkan ruas Jalan Tanjung dibuat satu arah untuk mengakomodasi arus dari arah Jalan Imam Bonjol,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sedangkan untuk Lapangan Pancasila Simpang Lima, lanjut dia, penutupan akses dilakukan di sejumlah titik seperti pada kegiatan Car Free Day (CFD). Penutupan mulai akses Jalan Pandanaran tepatnya di simpang empat depan KFC, lalu Jalan Pahlawan, simpang empat SPBU Jalan A Yani, dan simpang empat Jalan Mayjend Sutoyo Kampung Kali.

Ardi mengatakan, penutupan akses Jalan Pemuda depan Balai Kota Semarang dilakukan mulai pukul 19.00. Meski demikian, mulai pukul 18.00, anggotanya di lapangan sudah mulai mengalihkan arus kendaraan untuk menghindari jalan tersebut.

“Dari rapat terakhir, Pak Kapolrestabes memerintahkan ditutup pukul 19.00. Tapi untuk pemberlakuan itu dimulai pukul 18.00. Jadi, satu jam sebelumnya sudah mulai kita atur. Penutupan di Simpang Lima juga tidak beda dengan acara Car Free Day, lokasi Simpang Lima juga ditutup,” ungkapnya