RADARSEMARANG.COM – Dokter Andi, saya seorang ibu rumah tangga, usia 47 tahun. Panggul saya sudah dioperasi 1 tahun yang lalu, untuk bergerak kadang kurang leluasa. Saat berhubungan intim saya sulit merasa puas. Bagaimana tipsnya agar suami dan saya sama-sama puas. Terimakaasih dr Andi. Ny S di K

Jawab dr Andi:

Setelah operasi penggantian sendi panggul (hip replacement), lingkup gerak sendi panggul akan berkurang, sehingga mengurangi keleluasaan saat membungkuk, tidak boleh duduk bertumpang kaki dan menyilangkan kaki. Saat berhubungan intim juga tidak boleh posisi yang menekan sendi panggul saat terbuka lebar. Ini menyulitkan istri untuk bisa menikmati. Tapi ada kiat-kiatnya agar tetap bisa mencapai klimaks:

  1. Melatih lingkup gerak sendi panggul agar agar tetap luas, yaitu a. saat berbaring, lutut ditekuk, angkat bokong 5-10 cm dari alas. B. gerakkan kaki ke samping lalu kembali ke tengah, seperti gerakan mengangkang, lalu menutup kembali. C. sambil duduk, meluruskan lutut, kontraksikan otot paha depan, ulangi 10 kali. d. sambil berdiri, tekuk lutut, seperti orang akan duduk, lalu berdiri tegak kembali.
  2. Melatih kekuatan otot panggul, bokong, paha, dengan berjalan, berenang, bersepeda statis. Jangan banyak gerakan meloncat dulu.
  3. Melatih kontraksi otot dasar panggul dengan latihan kegel, yaitu seolah olah menahan aliran air seni selama 20-30 detik, lalu melepaskannya lagi.  Ini meningkatkan kepekaan di daerah organ intim wanita.
  4. Gerakan panggul yang berkurang diperbaiki dengan banyak melakukan sentuhan tangan ke tubuh suami, jadi tetap dapat memberikan rangsangan yang membuat suami lebih menikmati hubungan.
  5. Memperkuat otot perut, otot kewanitaan, agar lebih memberikan jepitan yang berirama, dengan tekanan seperti memijat milik suami.
  6. Waktu pemanasan bisa dimulai dengan berdiri, atau duduk dulu, jadi tidak monoton sambil tiduran melulu.
  7. Lakukan posisi istri di atas, dengan gerakan yang mula mula pelahan, tidak akan mengganggu sendi panggul.
  8. Banyak makan yang banyak kalsium: daging merah, susu, kepiting, udang, seafood lainnya. (*/zal)

Kepustakaan:

Charbonnier, Chagué, Ponzoni, et al. Sexual Activity After Total Hip Arthroplasty: A Motion Capture Study  The Journal of Arthroplasty , Volume 29, Issue 3, March 2014, Pages 640–647