Embung Bangau Bakal Jadi Ikon Desa Tajuk

Desa Tajuk Kecamatan Getasan

1346
PENASARAN : Sejumlah pengunjung penasaran dengan embung Bangau di Desa Tajuk. Selain melihat embung, mereka datang untuk berfoto dengan latar belakang hutan pinus
PENASARAN : Sejumlah pengunjung penasaran dengan embung Bangau di Desa Tajuk. Selain melihat embung, mereka datang untuk berfoto dengan latar belakang hutan pinus

RADARSEMARANG.COM, GETASAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Tajuk, Kecamatan Getasan akan kembangkan semua potensi wisata. Salah satu potensi yang kini tengah digarap adalah bumi perkemahan yang lokasinya tidak jauh dari taman nasional Gunung Merbabu.

Sri Rahayuningsih (Ist)
Sri Rahayuningsih (Ist)

Tepat di sebelah lokasi bumi perkemahan ini, sedang dalam proses penyelesaian embung dengan ukuran cukup luas. Tujuan dibangunnya embung ini, selain untuk memenuhi kebutuhan pertanian, nantinya juga akan dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata. Benar saja, dari embung yang disematkan nama embung Bangau ini dapat disaksikan pemandangan gunung dan hutan pinus yang cocok digunakan sebagai latar pengambilan foto.

Sekretaris Desa Tajuk, Sri Rahayuningsih mengatakan, embung dan bumi perkemahan ini nantinya akan masuk ke dalam BUMDes Tajuk yang diharapkan mampu menambah Penghasilan Asli Desa (PAD) Tajuk.

”Selain itu, nanti lapangan di sebelahnya juga akan dikembangkan menjadi stadion mini desa,” katanya.

Lebih lanjut Kasi Pelayanan Desa Tajuk, Ngusman menambahkan, pemanfaatan embung dan bumi perkemahan ini diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi warga. “Lokasinya sangat dekat dengan taman nasional, sehingga sangat potensial untuk dikembangkan untuk bisa memberdayakan warga masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Pulihan Desa Tajuk Sugianto menceritakan bahwa di kawasan embung Bangau ini memang selalu ramai, terlebih pada hari Minggu. Lokasinya yang berdekatan dengan hutan pinus membuat tempat ini menjadi favorit anak-anak muda yang gemar berselfie. ”Banyak yang datang untuk foto-foto ke sana. Karena tempatnya memang bagus,” kata dia. (sga/zal)