Tularkan Pengabdian Terbaik untuk Institusi Polri

318
LAYAK DIAPRESIASI: Kasat Lantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto, SH menerima apresiasi Leadership Award 2017 Jawa Pos Radar Semarang-Radar Kedu yang diserahkan langsung oleh GM Jawa Pos Radar Kedu, Iskandar. (LIS RETNO/JAWA POS RADAR KEDU)
LAYAK DIAPRESIASI: Kasat Lantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto, SH menerima apresiasi Leadership Award 2017 Jawa Pos Radar Semarang-Radar Kedu yang diserahkan langsung oleh GM Jawa Pos Radar Kedu, Iskandar. (LIS RETNO/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM – Leadership yang kuat dari seorang pemimpin, membuat program-program yang telah dicanangkan bisa berjalan efektif. Setidaknya, itulah yang dilakukan oleh Kasatlantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto, yang dengan berbagai terobosan, inovasi, dan kreativitasnya, melakukan berbagai program penyadaran tertib berlalu lintas bagi masyarakat.

BAGI AKP Marwanto SH, moto hidupnya adalah disiplin, loyalitas, semangat, sabar, dan ikhlas. Lima hal itu ia jalankan untuk memberikan pengabdian terbaik. Moto itulah yang juga ia tularkan kepada satuannya. Bahkan, AKP Marwanto tak ragu menggandeng personel muda untuk bersama-sama melahirkan inovasi pelayanan kepada masyarakat.

Terlebih, unit kesatuannya tergolong sangat vital dalam kehidupan bermasyarakat. Semakin bertambahnya jumlah unit kendaraan roda dua dan empat, tentu berimbas pada pola tertib berlalu lintas. Terkadang, banyak pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan, baik terkait kelengkapan surat-surat, perlengkapan kendaraan, maupun cara berkendara. Satu sisi, angka kecelakaan terus meningkat setiap tahun.

Maka, berbagai program dan kegiatan terus digalakkan oleh Satlantas Polres Magelang Kota untuk menciptakan ketertiban berlalulintas. Tak jarang, tanpa sungkan, AKP Marwanto turun langsung memberikan sosialisasi kepada siswa TK, SD,SMP, SMA/SMK maupun mahasiswa dalam kegiatan goes to school. “Kegiatan goes to school sebagai upaya penanaman tertib berlalu lintas kepada anak-anak muda,” kata mantan Kapolsek Delanggu Polres Klaten tersebut.

Polisi kelahiran Sukoharjo, 29 Oktober 1972 silam ini mengatakan, pemimpin yang ikut terjun dalam setiap kegiatan kerja, merupakan contoh pemimpin sejati. Sebab, menurut suami dari Sri Harjanti SP ini, anggota akan meniru cara kerja atasannya. “Untuk itu, saya terapkan rasa disiplin, loyalitas, semangat, sabar dan ikhlas kepada satuan. Ini semua sebagai pengabdian terbaik.”

Dalam setiap apel pagi, AKP Marwanto, misalnya, meminta seluruh anggota Satlantas yang muslim, untuk membaca Asmaul Husna. “Ini sebagai pengingat kepada Allah SWT. Yaitu, bahwa setiap tugas, kita dilindungi oleh Allah SWT dan selalu ingat kepada Yang Maha Kuasa,” papar AKP Marwanto.

Selain pola kerja yang positif, AKP Marwanto menuturkan bahwa kemajuan teknologi perlu diterapkan dalam mendukung kinerja. Untuk itu, AKP Marwanto selalu terbuka menerima saran dari anggotanya dalam upaya inovasi apapun, demi ketertiban berlalu lintas dan pelayanan kepada masyarakat. “Karena kesadaran berlalulintas maupun penanganan kecelakaan lalu lintas merupakan kerja bersama antara seluruh anggota Polri dan masyarakat.”

Jawa Pos Radar Semarang-Radar Kedu mengapresiasi leadership yang dimiliki AKP Marwanto selaku Kasatlantas. ”Kami menilai, Kesatuan Lalu Lintas Polres Magelang Kota di bawah kepemimpinan Bapak AKP Marwanto banyak melakukan terobosan dan program-program penyadaran tertib berlalu lintas,” kata GM Jawa Pos Radar Kedu, Iskandar, saat memberikan plakat dan sertifikat apresiasi Leadership Award 2017 kepada AKP Marwanto, belum lama ini. (cr3/isk)

Silakan beri komentar.