Proyek Terkendala Cuaca Ekstrem

928
JEMBATAN PENGHUBUNG : Pekerja melanjutkan proyek pekerjaan jembatan penghubung Tegal-Brebes di Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal yang sempat ambruk telah dicor pekan lalu. (YERRY NOVEL/RADAR SLAWI)
JEMBATAN PENGHUBUNG : Pekerja melanjutkan proyek pekerjaan jembatan penghubung Tegal-Brebes di Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal yang sempat ambruk telah dicor pekan lalu. (YERRY NOVEL/RADAR SLAWI)

RADARSEMARANG.COM, TEGAL – Proyek pekerjaan jembatan baru terkendala cuaca ekstrem. Proyek itu berada di jalur provinsi penghubung Kabupaten Tegal-Brebes di ruas Tuwel-Sirampog, tepatnya di Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa.

Kepala Balai Pelaksana Teknis (BPT) Jalan Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah Wilayah Tegal, Tri Haryono menjelaskan, proyek tersebut semestinya selesai pada awal Desember 2017. Namun, proyek molor karena terkendala musim hujan. “Tadinya pekerjaan itu mau dilembur, tapi sering hujan dan turun kabut tebal,” kata Tri Haryono, kemarin.

Dia menjelaskan, jembatan tersebut berada di daerah dataran tinggi dan berdekatan dengan Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa yang berada di kaki Gunung Slamet. Karena itu, tingginya curah hujan di kawasan tersebut menjadi kendala pekerjaan. Dia menargetkan, pekerjaan bisa selesai sebelum pergantian tahun. “Semoga cuaca bisa mendukung sehingga jembatan bisa selesai secepatnya,” ungkap Tri.

Seperti diberitakan sebelumnya, jembatan itu sempat ambruk saat dicor oleh pekerja dua pekan silam. Terkait penyebab ambruknya jembatan, Tri menegaskan hal tersebut bukan karena menyalahi bestek. Tetapi, kontraktor kurang cermat terhadap kekuatan penyangga alas jembatan yang hendak dibeton.

Adapun, proyek pembangunan jembatan dianggarkan dari APBD Jawa Tengah sebesar Rp 1,1 miliar. Meski jembatan baru belum selesai, kendaraan masih bisa melintas melalui jembatan lama di sebelah jembatan yang sedang dibangun.

Menurut Tri, meski sudah ada jembatan baru, jembatan lama tetap difungsikan. Kendaraan dari utara (Bumijawa), melewati jembatan lama, sedangkan kendaraan dari selatan (Sirampog), melewati jembatan yang baru. (yer/ima/jpg/ida)