Air Mancur Menari Berbentuk Bunga

Pesta Kembang Api Senilai Rp 100 Juta

611

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pemkot Magelang akan menggelar malam pergantian tahun baru 2018 di Alun-alun Kota Magelang lebih meriah. Di pusat keramaian kota ini akan diluncurkan air mancur menari oleh Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito.

Kasi Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) bidang Pengelolaan PJU Taman dan Pemakaman, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Yetty Setyaningsih mengatakan, air mancur menari akan dinyalakan mulai pukul 23.20-23.50.

Ia tak merinci jumlah konfigurasi tarian yang akan ditampilkan. Namun, ia mengaku ada yang membentuk bunga dan kupu-kupu. Sedangkan tinggi luncuran air mancur mencapai 35 meter.

“Kita sesuaikan dengan ciri khas Kota Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga,” kata Yetty dalam paparan persiapan acara Gebyar Paparan Pariwisata Akhir Tahun 2017, di ruang sidang lantai 2 Setda Kota Magelang, kemarin.

Yetty berharap, air mancur menari tersebut menjadi daya tarik wisata. Iapun meminta agar pengunjung dan masyarakat ikut menjaga fasilitas baru ini. “Hiburan air mancur menari ini gratis untuk masyarakat,” ujarnya.

Namun setelah malam tahun baru, pihaknya masih mengkaji jam operasional air mancur menari. Sementara ini, air mancur ini hanya dinyalakan saat malam Minggu dan hari libur saja. Untuk siang hari serta hari biasa masih dalam kajian.

“Alasan tidak diputar setiap hari bukan masalah dari biaya operasionalnya.  Untuk hal ini sudah kami perkirakan. Tapi lebih ke menjaga alat-alatnya agar kemanfaatannya lebih lama,” ujarnya seraya menambahkan air mancur menari membutuhkan daya listrik 11.000 watt.

Ia juga mengantisipasi adanya pemadaman listrik dengan menandatangani nota kesepahaman dengan PLN. “Kita sudah koordinasikan.”

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Jarwadi mengambahkan, usai peluncuran air mancur menari berdurasi 30 menit, akan disusul pesta kembang api selama 20 menit. Sekitar 5.669 letupan dari 21 jenis tipe mekar kembang api akan menghiasi langit Kota Magelang.

“Pesta kembang api ini merupakan puncak acaranya,” tambahnya seraya menyebut biaya kembang api sebesar Rp 100 juta dan total anggaran untuk acara keseluruhan sekitar Rp 300 juta.

Pihaknya juga menyiapkan acara hiburan lainnya. Seperti penampilan tari-tarian, band lokal, dan mengundang bintang tamu Band Funky Kopral. (put/lis)