BANTUAN : Para penerima bantuan traktor dan pompa air saat di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
BANTUAN : Para penerima bantuan traktor dan pompa air saat di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID — Puluhan kelompok tani di Kabupaten Magelang mendapatkan bantuan traktor dan pompa air di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang. Bantuan dari jalur aspirasi PDI Perjuangan itu langsung diberikan kepada para penerima, Rabu (27/12).

Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang, Jumat mengatakan, bantuan diberikan kepada 20 kelompok tani yang tersebar di 10 kecamatan. “Tahun lalu sudah kita berikan di 10 kecamatan lain. Secara bertahap akan kita berikan merata,” kata dia di sela-sela penyerahan bantuan traktor kepada kelompok tani.

Kelompok tani tersebut di antaranya berasal dari Kecamatan Candimulyo, Bandongan, Borobudur, Salaman. Kemudian, Ngluwar, Secang, Grabag, Kajoran Kaliangkrik dan Salam.

Menurut dia, program bantuan itu merupakan aspirasi dari Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.  Program dianggarkan melalui APBN Perubahan 2017. “Bantuan ini merupakan aspirasi para petani dari bawah yang kemudian ditindaklanjuti oleh kami, PDI Perjuangan,”  ujar dia.

Bantuan ini dirasa pas untuk petani di Kabupaten Magelang. Di samping itu, bantuan selaras dengan program Presiden Indonesia Joko Widodo yang ingin Indonesia swasembada pangan.

Salah satu penerima dari Desa Wringin Putih Kecamatan Borobudur  Mulyoto mengaku senang mendapatkan bantuan tersebut. Menurutnya, traktor akan membantu percepatan proses tanam di daerahnya. “Ya alhamdulillah bantuan ini sangat membantu kami dari petani. Sejauh ini memang masyarakat membutuhkan traktor untuk membajak sawah,” papar dia. (vie/ton)