RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Rencana pemakaian Stadion Moch Soebroto Kota Magelang sebagai calon kandang PSIS Semarang mendapat dukungan Komisi C DPRD Kota Magelang. Komisi C berencana akan memanggil pengelola Stadion Moch Soebroto, yakni Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPU-PR) untuk menanyakan kesiapannya.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Magelang Aktib Sundoko mengatakan, Stadion Moch Soebroto memang layak sebagai kandang tim besar seperti PSIS Semarang di Liga 1 Indonesia 2018. “Kita sudah tahu bagaimana kondisi dan kualitas Stadion Moch Soebroto. Tidak perlu diragukan lagi. Terlebih pemerintah telah menganggarkan kelengkapan fasilitas di sana,” beber politisi Partai Nasdem tersebut.

Aktib menilai, jika memang nantinya Stadion Moch Soebroto dipilih sebagai kandang PSIS, maka jadi keuntungan tersendiri bagi pemkot maupun masyarakat. Sebab, pemasukan pendapatan asli daerah menjadi meningkat. “Tidak hanya itu, sentra ekonomi di kawasan tersebut akan tumbuh. Masyarakat juga akan mendapat imbas positif nantinya,” jelas Aktib.

Beberapa waktu yang lalu Komisi C sudah melakukan kunjungan ke kawasan Stadion Moch Soebroto dan GOR Samapta. Dalam kunjungan tersebut, kondisi Stadion sudah baik dan hanya perlu dibenahi di beberapa titik saja. Aktib juga meminta agar kondisi stadion harus siap dan dimungkinkan tidak mengalami kebocoran pada atap maupun lokasi genangan.

“Ini penting agar nantinya besok saat ada kunjungan dari pihak manajemen PSIS Semarang ke stadion untuk memverifikasi, stadion sudah benar-benar siap. Untuk itu rencananya kami akan segera memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) mengenai langkah persiapan hingga dipilihnya stadion Moch Soebroto sebagai kandang PSIS Semarang,” tandas Aktib.

Sementara, Plt Kepala DPU-PR Kota Magelang Yonas Nustarawan Bolla mengatakan hingga kini pihaknya masih menunggu surat resmi dari manajemen PSIS Semarang. “Kita siap dan sangat senang jika Stadion Moch Soebroto dipilih jadi kandang tim besar yang berlaga di Liga 1 Indonesia, PSIS Semarang. Saat ini kami masih menunggu surat resmi dari mereka,” beber Yonas.

Seperti diketahui, PSIS harus mencari kandang di luar Kota Semarang karena saat ini Stadion Jatidiri sedang direnovasi. Selain Stadion Moch Soebroto, PSIS juga menjajaki Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara sebagai kandang.

Stadion Moch Soebroto punya peluang untuk dipilih manajemen PSIS seandainya lampu di 4 sisi stadion bisa berfungsi sesuai dengan standar Liga 1. Dan sebagai langkah penjajakan, rencananya pada 7 Januari 2018 mendatang, PSIS akan menggunakan Stadion Moch Soebroto untuk menggelar laga ujicoba melawan Arema Malang. (cr3/ton)