Natal dan Tahun Baru, Stok Darah PMI Aman

705

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Petugas di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Temanggung memastikan permintaan darah dari sejumlah rumah sakit di Temanggung hingga musim liburan akhir tahun ini akan terpenuhi. Stok darah di PMI dalam kategori aman.

Petugas UTD PMI Temanggung Adi Prabowo menuturkan, per 26 Desember 2017 ini jumlah keseluruhan cadangan darah yang tersedia sebanyak 77 kantong. Adapun rinciannya, untuk golongan darah jenis O yang tersedia mencapai 38 kantong, golongan darah AB ada 3 kantong, golongan darah B sebanyak 22 kantong dan golongan darah A sejumlah 14 kantong.

“Belakangan ini, permintaan darah dari rumah sakit-rumah sakit di Temanggung cenderung menurun, jadi sepertinya stok darah yang ada cukup hingga akhir tahun,” ucap Adi, Selasa (26/12).

Adi menegaskan, sebanyak 77 kantong darah tersebut dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan darah di sejumlah rumah sakit di Temanggung. Di antaranya RSUD Temanggung, RS Gunung Sawo, RS PKU Muhammadiyah dan RSK Ngesti Waluyo Parakan. “Produksi darah di PMI Temanggung mencapai 500-700 kantong darah per bulan, dengan masa ED 30-35 hari,” ungkapnya.

Adi menambahkan, kalau untuk transfusi darah pada korban kecelakaan, biasanya pihak keluarga harus membawa atau menyediakan donor pengganti. “Jadi stok darah yang ada sekarang hanya untuk memenuhi permintaan dari rumah sakit- rumah sakit saja,” jelasnya. (san/ton)