Jadikan LKP ICTC Rujukan Pencari Kerja di Kapal Pesiar dan Perhotelan

981
MENERIMA APRESIASI: GM Jawa Pos Radar Kedu, Iskandar menyerahkan plakat dan sertifikat Leadership Award 2017 Jawa Pos Radar Semarang-Radar Kedu kepada Pimpinan Lembaga LKP ICTC (Ilham Cruise Ships Training Center) Magelang, Ilham Fajar Agus Pamungkas. Pemberian apresiasi ini atas leadership Ilham yang berhasil mengelola LKP ICTC secara berkonsep modern. (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU)
MENERIMA APRESIASI: GM Jawa Pos Radar Kedu, Iskandar menyerahkan plakat dan sertifikat Leadership Award 2017 Jawa Pos Radar Semarang-Radar Kedu kepada Pimpinan Lembaga LKP ICTC (Ilham Cruise Ships Training Center) Magelang, Ilham Fajar Agus Pamungkas. Pemberian apresiasi ini atas leadership Ilham yang berhasil mengelola LKP ICTC secara berkonsep modern. (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM – Di tangan Ilham Fajar Agus Pamungkas, LKP Ilham Cruise Ships Training Center (ICTC) Magelang, kini semakin kokoh berdiri. Berkonsep manajemen modern, lembaga pendidikan nonformal ini mampu menghasilkan para pekerja di dunia perhotelan dan kapal pesiar yang diminati pelaku industri wisata.

LEADERSHIP yang dimiliki Ilham cukup kuat. Ia mampu melakukan berbagai terobosan untuk menggaet calon-calon pekerja di dunia perhotelan dan kapal-kapal pesiar asing. Berbekal pengalamannya menjadi pekerja di kapal pesiar asing, Ilham mampu menerapkan konsep pendidikan dan pelatihan yang efektif untuk membeli anak didiknya. Maka, tak mengherankan jika LKP Ilham Cruise Ships Training Center miliknya, kini banyak diminati. Salah satu terobosannya adalah menggandeng pelaku industri wisata untuk menampung anak didiknya yang lulus.

Ilham tak hanya mampu memberikan teori. Tapi juga praktik. Karena pria beretos kerja penuh motivasi ini, adalah pelaku di bidang usaha wisata. Ilham pernah bekerja di perhotelan dan kapal pesiar berskala Asia dan Eropa bergaji tinggi. Toh, cita-citanya kala itu sungguh mulia. Ia ingin mendirikan lembaga pendidikan nonformal bagi pemuda-pemudi yang tertarik bekerja di dunia perhotelan dan kapal pesiar. Karena itu, setelah bekal pengalamannya dirasa cukup, Ilham memutuskan berhenti bekerja di kapal pesiar. Terakhir, Ilham bekerja di Disney Cruises Inc, sebuah perusahaan yang menjadi idaman para pelaut kapal pesiar.

Pulang ke Magelang, Ilham lantas mendirikan LKP Ilham Cruise Ships Training Center (ICTC). Keputusannya, didasari keprihatinannya terhadap nasib para TKI yang tertipu oleh calo-calo penyalur tenaga kerja ke luar negeri. “Saya terinspirasi dengan makin banyaknya peminat dari generasi muda untuk bekerja di kapal pesiar. Juga banyaknya teman-teman yang terkena tipu oleh calo hingga puluhan juta rupiah dengan janji memberangkatkan bekerja ke luar negeri,” ungkapnya.

Pria asli Magelang kelahiran 21 Desember 1981 menegaskan, tujuan utama pendirian LKP ICTC adalah membantu pemerintah mengentaskan pengangguran. Caranya, dengan memberikan modal keterampilan dan pengetahuan di bidang pariwisata dan perhotelan. “Di lembaga kami, mereka dididik menjadi tenaga yang profesional dan mandiri, serta mampu bersaing di pasar global.” Mereka akan dididik dan dilatih dengan disiplin yang tinggi oleh para pengajar yang berpengalaman di bidangnya. “Kami ingin menciptakan para pemimpin untuk dirinya sendiri.”

Hingga saat ini, di angkatan yang ke-17, jumlah siswa ICTC hampir mencapai 400 siswa lebih. Para lulusannya sudah bekerja, tersebar ke kapal pesiar Asia, Eropa, dan Amerika. “Berkat tempaan tim kami di ICTC, Alhamdulillah siswa kami menjadi prioritas dipilih untuk bekerja,” kata Ilham.

ICTC menggandeng sejumlah pihak dalam menyalurkan para siswanya. Selain kerja sama dengan hotel berbintang, ICTS juga menjalin dukungan dengan Pemkot Magelang serta Pemprov Jateng. GM Jawa Pos Radar Kedu, Iskandar, mengapresiasi sosok Ilham yang mampu menjalankan lembaga pendidikan nonformal bentukannya, dengan semangat dan kerja keras, sehingga mampu membawa LKP ICTC diminati para calon pekerja di dunia perhotelan dan kapal pesiar. “Ini membuktikan bahwa Saudara Ilham punya leadership kuat, mampu menjadikan perusahaannya tumbuh, seperti visi yang diemban perusahaan.” (cr3/isk)