WAHANA BARU: Kolam renang di objek wisata Taman Kyai Langgeng (TKL) saat musim libur panjang sekolah, Natal, dan Tahun Baru ramai dijubeli pengunjung dari luar kota. (PUPUT PUSPITASARI/JAWA RADAR KEDU)
WAHANA BARU: Kolam renang di objek wisata Taman Kyai Langgeng (TKL) saat musim libur panjang sekolah, Natal, dan Tahun Baru ramai dijubeli pengunjung dari luar kota. (PUPUT PUSPITASARI/JAWA RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Wisatawan dari berbagai daerah menyerbu beberapa tempat wisata di Kota Magelang. Salah satunya, objek wisata Taman Kyai Langgeng (TKL). Objek wisata buatan ini menjadi salah satu tujuan rekreasi pada momen Natal dan libur panjang sekolah.

Kasubag Humas TKL, Prawoto Adi Wibowo mengatakan, peningkatan pengunjung sudah terasa sejak dua pekan lalu. Namun, paling signifikan pada hari libur. Sabtu (23/12) lalu, mencapai 2.610 pengunjung. Melonjak pada Minggu (24/12), sebanyak Rp 7.597 orang. “Kita prediksi, hari ini (kemarin, Red) akan tercapai sekitar 5.600 pengunjung,” kata Bowo, Senin (25/12) kemarin.

Ia menargetkan paket Natal dan Tahun Baru yang berlaku mulai 23 Desember-1 Januari 2018 akan menyentuh 70.000-80.000 pengunjung. Bowo optimistis target ini tercapai. Sebab, pengunjung tak hanya dari wilayah Jawa Tengah saja. Tapi juga Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jogjakarta.

“Mudah-mudahan cuaca cerah. Jika jalan tidak macet, kemungkinan jumlah pengunjung akan bertambah. Sebab, ada pengunjung yang kena macet, sampai di sini sudah tutup.”

Selama diberlakukan tarif tiket Rp 30.000 per orang untuk momen ini, manajemen TKL mengratiskan 10 wahana. Juga menyuguhkan beragam hiburan menarik, baik tradisional hingga modern. “Bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung. Ada kesenian tradisional dan penampilan grup band local.”

Bowo mengamati, rata-rata berasal dari rombongan keluarga. Namun, beberapa sekolah juga mengajak siswanya berlibur ke TKL. Beberapa wahana juga menjadi favorit pengunjung. “Pengunjung sangat berminat mencoba 10 wahana yang masuk tiket terusan. Di luar itu, ada kolam renang serta wahana baru ayunan langit dan sepeda layang.”

Saat ini manajemen TKL juga tengah menyiapkan wahana tambahan. Yakni, dragon coaster dan kolam renang waterboom yang akan dioperasikan pada Januari. Demi menjaga kenyamanan pengunjung, pihaknya mengerahkan 28 petugas keamanan. Juga menyediakan kursi roda.

Salah seorang pengunjung TKL, Manda, dari Purwokerto mengaku senang bisa memanfaatkan libur sekolah. Menurutnya, wahanya yang tersedia lengkap dan beragam. “Tapi nggak semua saya naiki, tapi semuanya seru,” ucap bocah 14 tahun itu. (put/isk)