Pantai Diserbu Pengunjung

786
PRIMADONA: Para wisatawan menikmati wahana permaian di Karang Jahe Beach (KJB) Rembang kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)
PRIMADONA: Para wisatawan menikmati wahana permaian di Karang Jahe Beach (KJB) Rembang kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

RADARSEMARANG.COM, JEPARA – Libur sekolah dan perayaan Natal membuat sejumlah lokasi wisata di Jepara ramai didatangi wisatawan. Tak terkecuali wisata pantai. Tingkat kunjungan wisatawan meningkat hingga mencapai ribuan orang.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan terlihat di Pantai Kartini Jepara sejak Minggu (24/12) lalu. Kunjungan wisatawan itu dari Jepara maupun luar daerah. Tercatat ada sekitar 2 ribu pengunjung yang datang. Sementara kemarin (25/12) hingga tengah hari tercatat sekitar 700 pengunjung yang datang ke pantai tersebut.

Tak hanya Pantai Kartini yang menjadi tujuan wisata bagi para pengunjung, fasilitas hotel di sekitar Pantai Kartini penuh. Rata-rata hotel sudah dipesan jauh-jauh hari.

Manajer Pantai Kartini Jepara Joko Wahyu S mengatakan, beberapa hari sebelumnya cuaca tidak menentu dan sering hujan. “Tapi dua hari terakhir cuaca cukup bagus. Jadi jumlah pengunjung meningkat,” katanya.

Saat ini, Joko menyatakan, ada beberapa yang diunggulkan dari Pantai Kartini. Di antaranya Kura-kura Ocean Park dan wisata Pulau Panjang yang diakses melalui kapal wisata. ”Kami lengkapi dengan berbagai permainan anak, ada juga kereta wisata,” tuturnya.

Untuk memanjakan pengunjung yang datang, Joko menyatakan, ada hiburan khusus yang disiapkan kemarin. ”Ada hiburan organ tunggal. Hiburan ini untuk menyemarakkan suasana. Untuk puncak acara tahun baru rencananya akan ada pemutaran film,” terangnya.

Karena ada lonjakan pengunjung juga mensiagakan lebih banyak petugas. Ada bantuan dari dinas dan masyarakat setempat. ”Dari pihak kami ada 19 petugas yang disiagakan. Masih ditambah dengan petugas kepolisian, petugas BPBD, dan petugas Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai hotel di kawasan Pantai Kartini, Joko menyampaikan, semua sudah penuh. ”Saya sempat tanyakan, ternyata sudah penuh di-booking sejak dua bulan lalu. Homestay juga sama ramainya, hampir semua penuh,” paparnya.

Keramaian wisatawan juga terlihat di Pantai Wates Rembang. Wisatawan disuguhkan paket wisata lomban. Yakni, dapat berkunjung ke Pulau Gede. Disediakan kapal nelayan dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Di Taman Kartini juga terlihat keramaian wisatawan. Di Pantai Nyamplung, desa Tritunggal, Kecamatan Rembang, wisatawan tidak sekadar liburan. Di antaranya memanfaatkan untuk reuni di pantai yang rimbun pohon pandan dan kelapa.

Manajer Dampo Awang Beach Taman Rekreasi Pantai Kartini (DABTRPK) Rembang mengaku, liburan kali ini tidak pasang target. Realistis pengunjung di biasa 100-200 pengunjung. Untuk hari besar mencapai 1.500 pengunjung. ”Untuk tahun baru kami belum memiliki agenda khusus,” terangnya

Wisata alam yang baru ngehits di Dukuh Kebon, Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem juga menjadi sasaran pengunjung. Mereka bisa menikmati fliying fox dan jembatan gantung. Tidak heran saat liburan panjang ini pengunjungnya membeludak.

Pengelola Wisata Sendangcoyo Dedi Yunianto mengatakan, liburan Natal dan tahun baru dipadati pengunjung. Jika hari normal 40 pengunjung, kemarin sampai 300 pengunjung. ”Angka yang kami himpun Minggu mencapai 250 pengunjung. Saat liburan Natal sampai pukul 13.00 sudah ada 300 pengunjung,”katanya.

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso melalui Kabag Sumda Kompol Riwayat Sosiyanto menyampaikan, libur Natal dan tahun baru yang menjadi prioritas pengamanan di sektor laut. Utamanya, Pantai Taman Kartini dan KJB.

”Kekuatan kami bagi. Sifatnya mobile. Intinya semua obyek vital keramaian kami amankan untuk meminalisasi kejadian,” jelasnya. (emy/noe/ris)