DIRAWAT : Korban kecelakaan mendapatkan perawatan di IGD Puskesmas Bumijawa. (ROCHMAN GUNAWAN/RADAR SLAWI)
DIRAWAT : Korban kecelakaan mendapatkan perawatan di IGD Puskesmas Bumijawa. (ROCHMAN GUNAWAN/RADAR SLAWI)

RADARSEMARANG.COM, BUMIJAWA Kecelakaan terjadi di ruas jalan Bumijawa-Tuwel, Minggu (24/12) sekitar pukul 13.50. Sepeda motor roda tiga yang melintas dari arah Bumijawa menuju Tuwel terjun ke jurang sedalam 20 meter saat mencoba menghindari kendaraan yang melintas dari arah sebaliknya. Tiga orang penumpang mengalami luka dalam peristiwa tersebut.

Andri, 39, warga setempat mengatakan, sebelum jatuh ke dalam jurang, sepeda motor roda tiga berwarna biru sedang melintas di tikungan watu kucing yang lokasinya tidak jauh dari SMAN 1 Bojong. Tiba-tiba, dari arah berlawanan meluncur sebuah mobil dengan kecepatan cukup tinggi. Karena panik, pengendara sepeda motor roda tiga berupaya menghindar ke kiri.

Naas, roda sebelah kiri tergelincir akibat karena terlalu menjorok ke sebelah timur sehingga sepeda motor roda tiga langsung masuk ke dalam jurang. Warga dibantu pengguna jalan serta relawan dan aparat langsung memberikan pertolongan kepada ketiga korban. Mereka adalah A. Riyani, 18, Sandi, 14 dan Arun 11, warga Dukuh Aren, Desa Bumijawa.

“Ketiga korban mengalami luka, beruntung nyawa mereka masih bisa diselamatkan,” katanya.

Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto menambahkan, ketiga korban dilarikan ke IGD Puskesmas Bumijawa tidak lama setelah kejadian. Sementara evakuasi sepeda motor roda tiga dilakukan hingga malam hari dengan melibatkan beberapa unsur atau tim gabungan yang terdiri dari PMI, TRC Puskesmas Bumijawa, SAR Bumijawa, Bankom Rapi dan masyarakat setempat dengan menggunakan katrol.

Karena lokasi jatuhnya sepeda motor roda tiga cukup terjal dan dalam, evakuasi membutuhkan waktu lebih dari tiga jam. Akhirnya, setelah mengerahkan semua tenaga, sepeda motor roda tiga berhasil diangkat dalam kondisi mengalami kerusakan cukup parah akibat kerasnya benturan.

“Kami pertama fokus pada korban kecelakaan, selanjutnya baru dilakukan evakuasi kendaraan hingga malam hari,” tandasnya. (gun/jpg/zal)