GUYUB: Warga desa Beji Lor memiliki jiwa gotong royong yang tinggi. Mereka selalu guyub dalam berbagai kegiatan, termasuk pada kegiatan Merti Desa yang dilaksanakan setiap tahunnya. (IST)
GUYUB: Warga desa Beji Lor memiliki jiwa gotong royong yang tinggi. Mereka selalu guyub dalam berbagai kegiatan, termasuk pada kegiatan Merti Desa yang dilaksanakan setiap tahunnya. (IST)

RADARSEMARANG.COM, SURUH – Desa Beji Lor memiliki warga yang sangat guyub dalam segala kegiatan bersama. Salah satunnya dapat disaksikan pada kegiatan merti Desa yang  rutin digelar sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang diberikan. ”Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Pada pelaksanaan ini warga desa Beji Lor sangat kompak dalam gotong royong dan keguyubannya,” ujar Sekretaris Desa Beji Lor Nila Isti Khoeriyah.

Dalam merti Desa ini, lanjutnya, secara bersama-sama warga melakukan kirab budaya serta perlombaan tumpeng yang dibawa megelilingi desa. Setelah tumpeng dibawa ke sendang untuk didoakan, warga juga menyantap tumpeng ini dalam suasana kebersamaan. ”Ada pentas seninya juga di sana. Sehingga juga sebagai wahana nguri-uri kesenian yang ada di desa Beji Lor,” kata dia.

Nila Isti Khoeriyah (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Nila Isti Khoeriyah (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Dikatakan olehnya, semua warga dalam kegiatan ini selalu turut serta dengan antusias yang tinggi. Masing-masing RT, kata dia, berlomba-lomba unjuk menunjukkan kebolehan warganya juga hasil kreasi tumpeng yang paling menarik dari mereka.

Selain guyub dan kompak, ternyata warga desa Beji Lor juga memiliki sejumlah  produk umkm berupa olahan makanan rumahan yang jika dikembangkan bisa menjadi ladang usaha bagi penduduk setempat. Beberapa produk tersebut diantaranya ada makanan berupa kerupuk dele, molen, bakpao, dan juga gula Jawa yang masih dapat dikembangkan lagi menjadi produk olahan lainnya.

Nila mengatakan bahwa produk-produk ini akan coba didorong agar bisa lebih berkembang sehingga dapat memberikan manfaat bagi sekitar. ”Diharapkan umkm ini kalau berkembang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelasnya.

Pemerintah desa, kata dia,  memiliki rencana untuk memberikan bantuan permodalan supaya dapat berkembang. Namun, akan dikaji terlebih dahulu sistem yang baik sehingga dalam memberikan bantuan ini nantinya bisa tepat sasaran dan dapat dipergunakan dengan baik. ”Kami cari dulu sistem yang baik untuk memberikan bantuan kepada pelaku UMKM ini,” jelasnya. (sga/bas)