28 BCB Siap dapat SK

389

RADARSEMARANG.COM, PURBALINGGA – Benda Cagar Budaya (BCB) yang tersebar di Kabupaten Purbalingga jumlahnya cukup banyak. Saat ini, 250 buah BCB sedang di kaji ulang dan segera diserahkan ke Bagian Hukum Setda Purbalingga untuk diusulkan penetapan surat keputusan (SK) Bupati Purbalingga.

Salah satu Tim Ahli Cagar Budaya Ganda Kurniawan mengatakan, ia dan dua rekannya rutin blusukan ke wilayah yang menjadi sasaran untuk mendata BCB. Bahkan hingga ke pelosok desa dan pegunungan.

“Kesulitannya kadang ada BCB yang sudah rusak dan tersisa beberapa bagian. Kadang harus disesuaikan lagi dan dikaitkan dengan historisnya. Jadi secara kajian akademis masuk, usia BCB juga masuk,” paparnya.

Ganda dan rekan lainnya saat ini baru mendapatkan 28 BCB yang sudah siap diserahkan ke Bagian Hukum. Kemudian diusulkan kepada bupati untuk ditetapkan SK-nya.

Ganda menuturkan, tidak menutup diri ketika ada bangunan ataupun benda yang ternyata kurang nilai historisnya maka dilewati. “Bila tahun ini belum rampung, maka akan dilanjutkan tahun berikutnya. Namun prinsipnya kami kebut terus hingga akhir tahun,” tegasnya. (amr/sus)