NARU 2018 TELKOMSEL : GM ICT Operation Region Jateng-DIJ Telkomsel Iswandi sedang melakukan monitoring BTS Telkomsel guna mengantisipasi lonjakan trafik layanan periode Natal hingga Tahun Baru. (ISTIMEWA)
NARU 2018 TELKOMSEL : GM ICT Operation Region Jateng-DIJ Telkomsel Iswandi sedang melakukan monitoring BTS Telkomsel guna mengantisipasi lonjakan trafik layanan periode Natal hingga Tahun Baru. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Telkomsel telah mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang biasa terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru. Di wilayah Jawa Tengah-DIJ memperkuat elemen jaringan dengan menempatkan 22 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS di titik-titik trafik komunikasi terpadat.

“Hal ini untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi, terutama pada malam pergantian tahun,” kata GM ICT Operation Region Jateng-DIJ Telkomsel, Iswandi.

Menurutnya, optimalisasi jaringan dilakukan di 74 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Seperti mall dan pusat perbelanjaan, objek wisata, alun-alun, bandara, terminal, stasiun, serta pelabuhan. Dari seluruh titik tersebut, 3 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Alun-Alun Jogjakarta, Simpang Lima Semarang dan Gladak Solo. “Telkomsel mengoptimalkan jaringan 4G dan 3G yang diperkirakan mengalami kenaikan penggunaan layanan data pada periode Natal dan Tahun Baru sebesar 158 persen,” tandasnya.

Pada puncak Natal dan Tahun Baru kali ini, jelasnya, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 52 persen dibandingkan hari biasa. Umumnya pada periode ini, layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial. Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 9 persen pada periode ini. Trafik layanan suara diperkirakan naik sekitar 2 persen dibandingkan hari normal.

GM Sales Region Jateng-DIJ Telkomsel, Djony Heru Suprijatno mengatakan dari sisi pelayanan pelanggan Telkomsel, di wilayah Jateng-DIJ telah menyiagakan 43 Mobile GraPARI (MoGi), 120 outlet Siaga, 12 Posko Telkomsel Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 41GraPARI Siaga di seluruh wilayah Jateng-DIJ.

“Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7 x 24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram,” imbuhnya.