PENGHARGAAN : Sejumlah penghargaan diberikan dalam acara HUT Ke-1 GMPK Kota Semarang. (Joko Susanto/Jawa Pos Rase)
PENGHARGAAN : Sejumlah penghargaan diberikan dalam acara HUT Ke-1 GMPK Kota Semarang. (Joko Susanto/Jawa Pos Rase)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG- Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kota Semarang mengajak seluruh pemuda Semarang dan Jateng berperan aktif dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Menurut Sekretaris GMPK Kota Semarang, Okky Andaniswari peran tersebut, dimulai dari diri sendiri. Ada tiga hal agar generasi penerus bangsa terhindar dari tindak pidana korupsi.

“Pertama, mengetahui apa itu korupsi dan menjauhkan diri dari korupsi. Kedua, pemuda Semarang harus terlibat dalam kampanye pendidikan dan pemberantasan korupsi dan terakhir para pemuda harus memulai dari diri sendiri untuk tidak melakukan sikap koruptif,” jelasnya dalam perayaan HUT ke 1 GMPK, kemarin.

Dalam acara yang dihadiri sejumlah BEM di Semarang tersebut, selaku Ketua Panitia, Mardha Ferry Yanwar menilai generasi milenial adalah salah satu tonggak perubahan, olah karena itu perlu peran masyarakat dalam menyelamatkan genasi bangsa dari sifat korup.

“Kita ingin pesan antikorupsi itu menyasar generasi milenial yang akan menjadi masa depan bangsa ini,”imbuhnya.

Ia mengtakan, saat ini generasi milenial mencapai 30 persen dari total penduduk Indonesia. Sehingga, jika tidak didekati dengan cara-cara yang tepat, termasuk pesan-pesan antikorupsi, pesan yang disampaikan juga tidak akan sampai.

“Kalau bangsa ini mau bebas korupsi, salah satu caranya dekati mereka, yang tentu dengan bahasa-bahasa yang juga mereka bisa terima. Musik itu salah satu saja,” sebutnya. (jks/zal)