Cegah Abrasi, Tanam 768 Pohon Mangrove

418
PEDULI LINGKUNGAN: Satria Gerindra Kendal bersama Pemuda Pancasila dan Imaken melakukan penanaman pohon cemara laut di Pantai Tanjung Elok, Desa Kartikajaya, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PEDULI LINGKUNGAN: Satria Gerindra Kendal bersama Pemuda Pancasila dan Imaken melakukan penanaman pohon cemara laut di Pantai Tanjung Elok, Desa Kartikajaya, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL — Ratusan pegiat alam dari berbagai elemen melakukan penanaman pohon mangrove di Pantai Tanjung Elok, Desa Kartikajaya, Kecamatan Patebon. Sedikitnya ada 768 batang pohon Cemara laut ditanam sebagai upaya pencegahan abrasi.

Beberapa elemen terlibat dalam penanaman mangrove diantaranya Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Partai Gerindra, Komandan Inti (Koti) Pemuda Pancasila (PP) Kendal dan Ikatan Mahasiswa Kendal (Imaken). Sedangkan bibit-bibit tersebut merupakan bantuan dari DPC Gerindra Kendal.

“Penanaman ini merupakan upaya konservasi wilayah pantai. Sehingga ke depan bisa untuk mencukupi kebutuhan oksigen, menjaga ekosistem pantai dan mencegah abrasi. Harapannya, para petani tambak ini bisa terus melakukan budidaya ikan tambak,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Kendal, Mifta Reza Noto Prayitno.

Ketua Konservasi Kendal, Wasito berharap penanaman pohon ini bisa terus berlanjut.  Sebab kawasan pesisir pantai utara Jawa (Pantura) disepanjang wilayah Kendal telah banyak yang mengalami abrasi. “Jika hal ini dibiarkan, wilayah daratan akan berkurang dan petani akan kehilangan tambaknya,” tandasnya.

Selain kegiatan penanaman pohon, Pemuda Pancasila melalui DPC Srikandi Kendal juga melakukan kegiatan sosial. Seperti pengobatan gratis, pasar murah, pemberian santunan anak-anak yatim yang dipusatkan di Gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peringatan Hari Ibu, di mana Srikandi PP ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa perempuan bisa maju. Selain itu juga wujud bakti Srikandi untuk bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat,” kata Ketua DPC Srikandi PP Kendal, Iva Kriestinosari.

Perihal kegiatan santunan, Iva menjelaskan ada sedikitnya 30 anak yatim juga belasan warga kurang mampu di Kendal yang mendapatkan santunan berupa uang tunai serta makanan. “Untuk pengobatan gratis untuk semua warga kurang mampu,”  jelas Iva.  (bud/zal)