KELAS JURNALISTIK: Kelompok siswa SD PL Servatius Gunung Brintik dalam kelas jurnalistik saat membaca karya tulisnya, di Taman Kasmaran Kampung Pelangi, Sabtu (23/12). (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)
KELAS JURNALISTIK: Kelompok siswa SD PL Servatius Gunung Brintik dalam kelas jurnalistik saat membaca karya tulisnya, di Taman Kasmaran Kampung Pelangi, Sabtu (23/12). (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Peduli dengan perkembangan anak-anak yang tinggal di kawasan Gunung Brintik, Yayasan Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) mengadakan kegiatan pembinaan yang melibatkan warga kawasan tersebut. Pembinaan, difokuskan kepada perempuan dan anak di Taman Kasmaran, Kampung Pelangi, Sabtu (23/12).

Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Puspa Jawa Tengah Lilik Lukito Wati, mengatakan, gelaran tersebut dilakukan selama tiga hari, mulai dari Kamis (21/12) hingga puncaknya pada Sabtu (23/12) kemarin. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kampanye jika kampung pelangi ramah anak.

Dalam kegiatan tersebut puluhan anak tampil memamerkan kemampuan, mulai dari seni musik hingga pembacaan tulisan yang mereka pelajari dalam workshop sehari sebelumnya.

Lilik mengatakan, ini sekaligus menjadi ajang sosialisasi bahwa di Jateng telah ada yayasan Puspa yang berfokus dalam pembinaan dan pengembangan perempuan dan anak. Dirinya berharap, acara serupa dapat berkesinambungan supaya pihaknya bisa melihat perkembangan dari binaan yang dilakukan kepada warganya.

Sementara itu, Salah satu guru SD Pangudi Luhur Servatius Gunung Brintik, Sunaryo, yang siswanya menjadi peserta dalam kegiatan itu menyambut baik terselenggaranya Kampanye Kampung Pelangi Ramah Anak. Sebab, kegiatan itu menjadi wadah bagi para siswa untuk dapat berekspresi dihadapan penonton.

“Tentunya ini kegiatan yang positif, siswa kami diberikan selama satu hari dalam workshop. Kemudian disediakan panggung untuk menunjukkan talentanya sesuai yang diberikan oleh Tuhan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari Jurnalis Perempuan (Jupe) Rita Hidayati mendukung penuh kegiatan pelatihan dan pembinaan anak maupun ibu-ibu di Gunung Brintik. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya memberikan materi terkait penulisan. (tsa/zal)