Rukma Setyabudi (Ketua DPRD Jateng).
Rukma Setyabudi (Ketua DPRD Jateng).

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – DPRD meminta agar pemerintah lebih fokus untuk revitalisasi moda angkutan umum. Sebab, semakin banyaknya kendaraan pribadi menjadi persoalan serius karena selain menyebabkan macet juga rawan kecelakaan.

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mengatakan, pengguna kendaraan pribadi memang seharusnya diminimalisir. Harus ada komitmen bersama agar masyarakat bisa lebih senang dengan transportasi umum. Jika tidak, bukan tidak mungkin kendaraan akan semakin bertambah dan masyarakat justru akan menjadi korbannya. “Sebaiknya memang harus lebih banyak yang menggunakan kendaraan umum untuk meminimalisir kemacetan di Jateng,” katanya.

Ia menambahkan, kondisi jalan di Jateng ini memang semakin sempit dan tidak bisa lagi menampung semakin banyak kendaraan pribadi. Karena, lebar jalan yang ada tak sebanding dengan kendaraan yang setiap tahun selalu bertambah. Meski sudah terus dibangun, tetapi tetap masih belum bisa mengimbangi banyaknya kendaraan pribadi. “Pengguna kendaraan pribadi memang seharusnya diminimalisir karena sangat mempengaruhi kondisi jalanan,” tambahnya.

Meski begitu, ia tidak menampik masih banyak persoalan yang harus dibenahi transportasi umum di Jateng. Mulai dari meningkatkan pelayanan, infrastruktur sampai mode transportasinya harus dibenahi. Sebab banyak masyarakat enggan menggunakan transportasi umum karena kondisi kendaraan yang kurang nyaman. “Kalau ingin mengajak menggunakannya harus ada peningkatan pelayanan agar mereka merasa nyaman dan aman,” ujarnya.

Pemprov diminta mengajak masyarakat menggunakan mode transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi. Salah satu caranya dengan meningkatkan pelayanan kendaraan umum agar masyarakat nyaman menggunakannya. Sebenarnya masyarakat sudah ada kecenderungan ingin menggunakan transportasi umum. Tetapi banyak yang mengeluh karena kondisi pelayanan dan kendaraan yang kurang nyaman. (fth/ric)