CEK RANMOR: Wali Kota Salatiga Yuliyanto dan Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan mengecek kendaraan dinas anggota polisi usai apel gelar pasukan, Kamis (21/12). (DOK HUMAS POLRES SALATIGA)
CEK RANMOR: Wali Kota Salatiga Yuliyanto dan Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan mengecek kendaraan dinas anggota polisi usai apel gelar pasukan, Kamis (21/12). (DOK HUMAS POLRES SALATIGA)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA ­– Pengamanan gereja-gereja di Kota Salatiga jelang perayaan Natal 2017 sudah mulai dipersiapkan oleh jajaran Polres Salatiga. Apel gelar pasukan jajaran Polres Salatiga yang dilaksanakan di Lapangan Polres Salatiga, Kamis (21/12), menandai dimulainya Operasi Lilin Candi 2017.

Wali Kota Salatiga Yulianto selaku Inspektur Upacara, membacakan amanat dari Kapolri yang menyatakan apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan berikut kelengkapan sarana prasarana. “Serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Jajaram Forkompinda Kota Salatiga tampak hadir dalam kegiatan tersebut, tampak pula dari TNI, PMI, Pemadam Kebakaran, Tagana (Tanggap Siaga Bencana) Kota Salatiga.

Selesai apel gelar pasukan, jajaran Forkompinda didampingi Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan mengecek kesiapan ranmor dinas Polres Salatiga. Sarana kendaraan bermotor roda dua dan empat dicek satu persatu, diharapkan dalam pelaksanaan operasi nantinya tidak ada kendala dalam melayani masyarakat.

Dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) Operasi Lilin Candi 2017 di Pendopo Sasana Tribrata Polres Salatiga, Kamis (21/12), Kapolres Salatiga Yimmy Kurniawan mengatakan, keamanan merupakan tanggung jawab bersama. Lewat Operasi Lilin Candi 2017, polisi akan memberikan rasa aman dan kondusif selama pelaksanaan kegiatan perayaan Natal dan Tahun baru 2018 serta liburan panjang. “Sebelum operasi berjalan, kami dari kepolisian telah meningkatkan kegiatan kepolisian seperti operasi pekat dan lain-lain,” jelas Yimmy.

Di Salatiga, ada 91 gereja yang akan dijaga polisi dibantu TNI, Satpol PP maupun ormas Islam. Ormas Islam yang akan membantu pengamanan di sejumlah gereja antara lain berasal dari Banser dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). (jpg/ton)