BERSEJARAH : Bupati Zaenal Arifin, SIP bersama jajaran muspida mengarak Piala Adipura. Piala Adipura pertama kali diraih Pemkab Magelang tahun ini.
BERSEJARAH : Bupati Zaenal Arifin, SIP bersama jajaran muspida mengarak Piala Adipura. Piala Adipura pertama kali diraih Pemkab Magelang tahun ini.

Pemkab Magelang mencatatkan prestasi membanggakan selama 2017. Berbagai penghargaan berhasil diraih sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

RADARSEMARANG.COM – DI BAWAH kepemimpinan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dan Wakilnya, HM Zaenal Arifin SH, beberapa capaian yang gagal diperoleh di periode sebelum sebelumnya, berhasil diwujudkan pada periode ini. Sejarah lain adalah raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam sistem pengelolaan keuangan. BPK RI menilai, sistem pengendalian dan pengelolaan keuangan di Kabupaten Magelang, sudah sangat baik. Sebelumnya, Pemkab Magelang selalu mendapat opini wajar dengan pengecualian.

Berbagai penghargaan diperoleh sebagai wujud kualitas pelayanan pemerintahan. Mulai bidang lingkungan, pengelolaan keuangan, lalu lintas, program peningkatan keluarga sejahtera, juga hak asasi manusia, serta penguatan ekonomi.

Di bidang lingkungan, penghargaan terbaik berhasil diraih. Yakni, mendapatkan Piala Adipura Kencana. Penghargaan ini patut diapresiasi, karena baru kali pertama diraih sepanjang sejarah. Di bidang pengelolaan transportasi, Pemkab Magelang juga berhasil meraih Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan. Di bidang kependudukan, Pemkab Magelang meraih Manggala Karya Kencana Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BKKBN).

Pemerintah pusat menilai, Pemkab Magelang memiliki dedikasi tinggi terhadap program kependudukan. Juga, memiliki keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Magelang. Di bidang ekonomi, Pemkab Magelang—dalam hal ini Bupati Magelang Zaenal Arifin S.IP– terpilih menjadi TOP Pembina BUMD (Bank Bapas 69). Penghargaan diberikan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan lembaga Asia Business Research Center. Bank Bapas memiliki program UMKM terbaik di Indonesia.

Terbaru, berkat kegigihan serta kepedulian yang tinggi terhadap upaya-upaya memudahkan warganya untuk mendapatkan hak-haknya, Kabupaten Magelang berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia ( HAM ). Penghargaan tersebut diberikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada kabupaten/kota yang berhasil membina kabupaten yang peduli HAM. Penyerahan penghargaan bertepatan dengan peringatan Hari HAM Sedunia Ke-69 di Hotel Sunan Surakarta, baru-baru ini. (adv)