Longsor Timpa Satu Rumah

1064
LONGSOR : Kepala Desa Banyumudal meninjau rumah warga yang terkena longsor dan mengalami kerusakan. (SITI MAFTUKHAH/RADAR PEMALANG)
LONGSOR : Kepala Desa Banyumudal meninjau rumah warga yang terkena longsor dan mengalami kerusakan. (SITI MAFTUKHAH/RADAR PEMALANG)

RADARSEMARANG.COM, PEMALANG – Musibah longsor terjadi di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Longsor tersebut menimpa satu rumah warga milik Khosiin, 52, di RT 03 RW 04 Dukuh Krajan Timur yang menyebabkan kerugian materiil hingga Rp 10 juta.

Kepala Desa Banyumudal, Slamet Khaeli mengatakan bahwa musibah longsor terjadi pada Senin (18/12) sekitar pukul 17.30 dan menimpa talut depan rumah Khosiin. “Sebelum kejadian, memang terjadi hujan yang terus menerus, sampai akhirnya longsor terjadi. Meski tidak ada korban jiwa,” ungkapnya, Selasa (19/12) kemarin.

Kejadian itu bermula saat terjadi hujan deras pada Senin sekitar pukul 14.00 dan berlangsung sampai pagi pukul 05.00. Sekitar pukul 07.30 penghuni rumah masih beraktivitas, karena sedang mempunyai hajat dan kemudian terjadi tanah longsor di depan rumah. Bahkan, masih terancam longsor susulan.

Meski begitu, berkat kesigapan warga sekitar yang membantu, dapat diatasi dengan pengawasan, serta memberikan saran agar penghuni rumah pindah sementara. Karena lokasi yang selama ini ditempati masih terancam longsor dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan, apalagi masih terus terjadi hujan. “Warga yang rumahnya masuk daerah rawan longsor, kami harapkan mengambil tindakan atau lebih waspada saat terjadi hujan deras,” kata Slamet.

Sedangkan Khosiin yang merupakan korban longsor menyatakan akan lebih waspada. Apalagi longsor masih mengancam di sekitar rumahnya. “Semoga tidak terjadi longsor susulan dan musibah ini tidak terulang kembali,” ungkapnya. (maf/har/ida)