Angkutan Nataru Diprediksi Naik 5 Persen

307
CEK FASILITAS : Direktur Operasi PT.KAI Slamet Suseno saat mengecek fasilitas yang ada di Stasiun Tawang, Senin (18/12) petang. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
CEK FASILITAS : Direktur Operasi PT.KAI Slamet Suseno saat mengecek fasilitas yang ada di Stasiun Tawang, Senin (18/12) petang. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Jumlah penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018, diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 5 persen dibandingkan hari biasa. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Operasi PT. KAI Slamet Suseno paska melakukan pengecekan jalur KA Lintas Utara di Stasiun Tawang, Senin (18/12) petang.

Slamet Suseno menerangkan, pengecekan jalur KA dibagi menjadi dua tim, satu tim lainnya mengecek di lintas selatan, sementara rombongannya melakukan pengecekan di lintas utara.

“Secara keseluruhan semua sudah siap, KAI mengoperasikan sebanyak 180 rangkaian KA dengan kapasitas penumpang 278.552 orang dalam setiap harinya,” katanya.

Ia menerangkan jumlah tersebut diperkirakan naik sebesar 5 persen, tahun lalu PT KAI sendiri mengoperasikan 175 rangkaian KA dengan kapasitas 265.110 orang/hari, atau meningkat sebanyak 13.442 penumpang/hari.

“Prediksinya naik 5 persen dibandingkan tahun lalu, terkait ketersediaan tiket sudah 87 persen terjual dengan tujuan dari atau ke Semarang, Surabaya maupun Jakarta,” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan, dari pantuan yang dilakukan. Sejumlah jalur KA dinyatakan siap, bahkan terkait gempa yang terjadi beberapa waktu lalu tidak mempengaruhi angkutan Nataru.

Sementara terkait titik tawan longsor dan banjir, pihak KAI pun telah melakukan langkah antisipasi berupa penguatan lajur dan peninggian lajur KA, serta mensiagakan 2 alat khusus di Daop 4 Semarang.

“Titik rawan di Daop 4 Semarang yakni longsor dan banjir, untuk rawan Banjir yakni antara Semarang Tawang-Alas Tua, daerah Kedungjati merupakan titik rawan banjir. Namun sudah diantisipasi dengan penguatan dan peninggia lajur,” tambahnya

Sementara itu, Komisaris PT KAI Riza Primadi mengungkapkan sejauh ini seluruh daerah operasi (daops) telah mempersiapkan dengan baik dalam menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2017/2018. (den/zal)