Denty Eka Widi Pratiwi. (IST)
Denty Eka Widi Pratiwi. (IST)

Peran perempuan dalam parlemen atau lembaga legislatif sangatlah penting. Untuk itu, perempuan harus berani tampil dalam ranah publik atau kancah politik.

“Kalau mau tampil dalam politik, perempuan harus meningkatkan kemampuan dan kualitas sebagai politisi untuk menyakinkan calon pemilih. Caranya, bisa dengan pendidikan politik dan pelatihan politik,” ucap Anggota DPD RI/MPR RI Denty Eka Widi Pratiwi saat menjadi narasumber dalam kajian Majelis Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Aisyiyah Kabapaten Temanggung di Aula Kantor DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Temanggung, Minggu (17/12).

Denty melanjutkan, kaum perempuan harus mencoba bisa berperan ganda antara tugas kodrati sebagai seorang perempuan dan di sisi lain harus mampu interaksi sosial, berorganisasi serta berperan aktif dalam politik atau menjadi partisipan yang cerdas dan beretika. “Persoalan selama ini, perempuan daerah yang ingin berkiprah di ranah politik masih mendapatkan stereotip, bahwa mereka adalah ibu rumah tangga yang terjun di politik. Akibatnya, perempuan yang tertarik pada ranah politik masih kurang,” ucap Denty. (san/ton)