Peradi Akan Lakukan Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah

748

SEMARANG–DPC Peradi Semarang akan menyelenggarakan pengangkatan dan sumpah advokat. Kegiatan yang akan berlangsung pada 21 Desember tersebut di MG Setos Semarang. Ketua DPC Semarang, M. Reza Kurniawan mengatakan pengangkatan tersebut merupakan bagian dari proses yang menjadi dasar seorang advokat untuk menjalankan profesinya secara sempurna.

“Pelantikan itu akan dilakukan oleh ketua Umum DPP Peradi yang kemudian seorang advokat Peradi akan mendapatkan Kartau Anggota Anggota (KTA) yang didalamnya tercantum Nomor Induk Advokat (NIA),” katanya.

Sedangkan untuk sumpahnya, sambungnya, akan dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Jateng dan bukti apabila advokat telah disumpah adalah mendapatkan Berita Acara Sumpah dari Pengadilan Tinggi Jateng. “Jadi setelah dilakukan pengambilan sumpah maka secara otomatis akan mendapatkan berita acara,” sambungnya.

Sekretaris panitia penyelenggara pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat Putut Harioga mengatakan untuk penagngkatan dan pengambilan sumpah itu dilakukan pukul 07.00-13.00 di Hotel Setos yang diidkuti oleh 217 calon advokat dari Jateng dengan dihadiri oleh Ketua Umum DPP Peradi DR.H Fauzi Yusuf Hasibuan serta beberapa tamu undangan lainnya terkait dengan ruang lingkup kerja advokat.

Pengangkatan dan pengambilan sumpah ini merupakan mandat dari UU no 18 tahun 2003 tentang advokat pasal  dan pasal 3 tentang pengangkatan sedangkan pasal 4 tentang sumpah. Penagngkatan dan pengambilan sumpah itu telah sesuai UU,” katanya. (hid)