Berjalan 11 Km Lintasi Desa

528
PEDULI ALAM: Peserta Lomba Lintas Alam (LLA) 2017 saat melintas perkampungan di Desa Kledung Kecamatan Kledung, kemarin. (IST)
PEDULI ALAM: Peserta Lomba Lintas Alam (LLA) 2017 saat melintas perkampungan di Desa Kledung Kecamatan Kledung, kemarin. (IST)

TEMANGGUNG- Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Temanggung menggelar Lomba Lintas Alam yang dipusatkan di Balai Desa Kledung Kecamatan Kledung, Minggu (17/12). Ratusan pelajar mulai dari SD, SMP hingga SMA mengikuti kegiatan tersebut.

Selain kalangan pelajar, juga diikuti kalangan mahasiswa, organisasi kepemudaan (OKP) se-Kabupaten Temanggung dan masyarakat umum. Bahkan ada kontingen atau regu dari Kodim 0706/Temanggung. “Kegiatan LLA kali ini diikuti 327 regu, masing-masing regu tiga orang. Mereka berjalan menempuh jarak 11 kilometer, melintas perkampungan dan desa-desa di wilayah Kecamatan Kledung,” ucap Ketua Panitia LLA 2017 Hery Pujio Purnomo.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Temanggung Muhammad Masthur menuturkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kepedulian generasi muda Temanggung terhadap alam dan lingkungan. Kegiatan ini sekaligus untuk memupuk rasa nasionalisme.

“Kegiatan ini bisa meningkatkan kedisiplinan dan persatuan pemuda Temanggung. Karena dalam LLA ini dibutuhkan kekompakan tim dan kedisiplinan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi yang berkesempatan membuka acara berharap, LLA bisa menjadi ajang pengembangan dan promosi wisata di Temanggung.

“Kami meminta kepada peserta untuk memotret potensi wisata dari desa-desa yang dilalui untuk diunggah di media sosial (medsos). Selain promosi wisata, kegiatan ini juga untuk melatih kepekaan siswa akan kelestarian lingkungan dan alam,” harapnya. (san/ton)