18 Kelompok Ikuti Festival Rebana

796
ATRAKTIF: Salah satu kelompok rebana unjuk gigi dalam Festival Rebana se-Kota Semarang yang digelar Ikatan Remaja Masjid Jami’ Nurul Insan, Wonosari, kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
ATRAKTIF: Salah satu kelompok rebana unjuk gigi dalam Festival Rebana se-Kota Semarang yang digelar Ikatan Remaja Masjid Jami’ Nurul Insan, Wonosari, kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Festival Rebana se-Kota Semarang digelar Ikatan Remaja Masjid Jami’ Nurul Insan  Jalan Koptu Suyono, Kemantren RT 2 RW 4, Kelurahan Wonosari, Ngaliyan, Sabtu (16/12) siang. Kegiatan tersebut diikuti 18 kelompok rebana yang berasal dari pondok pesantren, universitas dan masyarakat umum.

Panitia Festival Rebana, M Abdurohim, mengatakan, festival tersebut digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirayakan pada bulan ini. Lomba tersebut memperebutkan juara I,II, dan III. “Animo peserta sangat tinggi, terbukti bukan hanya dari pondok pesantren saja yang mendaftar, ada peserta yang mewakili UIN Walisongo, UPGRIS, bahkan panti asuhan dan majelis taklim,” katanya kemarin.

Ia menjelaskan, lomba tersebut digelar untuk memupuk iman dan taqwa, juga sebagai peningkatan kemampuan, wahana belajar, saling pengertian, dan kerja sama untuk bisa menghadirkan harmonisasi yang indah dalam mengagungkan Tuhan YME. “Dengan event ini kami berharap, generasi muda bisa lebih dekat dengan Tuhan dan menjauhi segala larangannya,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Rohim ini mengatakan, setiap kelompok rebana maksimal berjumlah 15 orang dan diberikan durasi sekitar 15 menit untuk tampil membawakan satu lagu wajib Rogot Aina dan satu lagu pilihan bebas. “Kriteria penilaiannya adalah instrumen, penampilan dan olah vokal,” jelasnya.

Setelah melewati persaingan ketat, akhirnya terpilih tiga tim terbaik, yakni kelompok rebana Panti Asuahan Darul Hadlonah Mangkang, El Bita UIN Walisongo, dan Arrisalah UIN Walisongo. Selain lomba rebana, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Nurul Insan, juga dimeriahkan dengan pengajian akbar yang digelar pada Sabtu (16/12) tadi malam.(den/aro)