“Saya rasa perlu dikomunikasikan dan dikaji dulu, salah satunya keamanan.”

Sigit Widyonindito-Wali Kota Magelang

MAGELANG–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang mengklaim sudah dihubungi manajemen PSIS Semarang. Yakni, manajemen tertarik menggunakan Stadion Moch Soebroto Kota Magelang sebgai homebase tim selama berlaga di Liga 1 Indonesia pada 2018 tahun depan. Tepatnya, manajemen PSIS sudah menghubungi pengelola stadion perihal prosedur pemakaian.

“Perwakilan manajemen PSIS Semarang sudah telepon saya. Intinya, menanyakan bagaimana prosedur pemakaian stadion. Kami tanggapi positif langkah itu dan saya katakan sebaiknya membuat surat resmi,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang, Yonas Nusantrawan Bolla, Jum’at (15/12) kemarin.

Yonas menyampaikan, surat resmi tersebut akan dijadikan pertimbangan pihaknya untuk melakukan kajian terkait banyak hal. Surat dari PSIS, sambung Yonas, akan dijadikan sebagai dasar pihaknya untuk berkoordinasi dengan Wali Kota Sigit Widyonindito selaku kepala daerah.

“Kami sarankan juga ke manajemen PSIS agar ada audiensi. Audiensi perlu juga untuk kami, agar nantinya kami bisa mengetahui maksud dan tujuan penggunaan stadion. Tentu juga kami ingin tahu alasan dipilihnya Stadion Soebroto sebagai tempat pertandingan kandang PSIS,” beber Yonas. Selain itu, lanjut Yonas, pihaknya berencana meminta ada verifikasi yang dilakukan PSSI terhadap Stadion Moch Soebroto. Pihaknya ingin memahami standar dan kelaikan Stadion Moch Soebroto jika nantinya digunakan untuk pertandingan Liga 1.

“Verifikasi kan melihat semua aspek; apakah stadion yang kami miliki ini memang benar-benar sesuai standar untuk Liga 1 atau belum. Ini juga penting, karena kami tidak ingin gegabah dan tentu mengutamakan kenyamanan semua pihak. Jadi, nantinya kami bisa memperbaiki apa yang kurang.”

Sebaliknya, Yonas optimistis Stadion Moch Soebroto yang berkapasitas 15.000 penonton, layak menjadi tempat pertandingan Liga 1. “Lampu sudah terpasang, sehingga lapangan bisa untuk pertandingan malam hari. Fasilitas lain saya kira tidak perlu diragukan lagi. Intinya Kota Magelang siap menjadi homebase PSIS.”

Hal senada disampaikan oleh Wali Kota Sigit Widyonindito. Sigit menegaskan, perlu ada kajian terlebih dahulu untuk kelaikan dan kesiapan Stadion Moch Soebroto. “Belum ada yang minta ketemu saya dari PSIS. Saya rasa perlu dikomunikasikan dan dikaji dulu, salah satunya keamanan. Kalau pas aman tidak apa-apa, tapi jika ada keributan, harus ada antisipasi. Jangan sampai kota kita yang rugi.” (cr3/isk)