HIDUPKAN KOTA LAMA : Festival Oude Staad akan menjadi agenda mingguan untuk menghidupkan Kota Lama. Festival ini menyuguhkan nuansa Eropa. (Ist)
HIDUPKAN KOTA LAMA : Festival Oude Staad akan menjadi agenda mingguan untuk menghidupkan Kota Lama. Festival ini menyuguhkan nuansa Eropa. (Ist)

SEMARANG – Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang, terus berupaya menghidupkan kembali kawasan Kota Lama. Mengingat potensi wisata di kawasan peninggalan Kolonial Belanda itu begitu besar.

Tahap demi tahap telah dilakukan pembenahan, baik infrastruktur maupun mengoptimalkan fungsi gedung tua yang ada. Seperti yang akan dilakukan Pemkot Semarang melalui BPK2L dengan menggelar Festival Oude Staad. Dengan konsep outdoor dan dengan nuansa Eropa tempo doeloe.

Ketua BPK2L Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, rencananya Festival Oude Staad digelar secara rutin di sepanjang Jalan Kepodang, atau belakang Gedung Galeri UMKM Kota Semarangm, setiap Jumat, Sabtu dan Minggu.

“Acara ini nanti dikemas dengan nuansa Eropa, dimana manequin life ditonjolkan lengkap dengan pameran barang antik, mobil klasik, sampai stand kuliner,” katanya kemarin.

Festival tersebut bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Semarang, unsur perbankan dan Pemerintah Kota Semarang. Dirinya mengaku, Festival Oude Staad juga akan bersinergi dengan acara rutin di kampung Semawis, sehingga akan tercipta nuansa yang ikonik yakni Festival Oude Staad yang menampilkan suasana Kolonial Belanda dan nuansa pecinan di Kampung Semawis.

“Minggu depan rencananya akan kami jalankan atau soft opening, lancuhingnya direncanakan pada 31 Desember mendatang atau pada pergantian tahun,” jelasnya.

Mbak Ita, sapaan akrabnya, optimistis dengan digelarnya Festival Oude Staad, bisa menambah kunjungan wisata di Kota. “Tentu acara ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan,” ucapnya.

Untuk kesiapan parkir, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan yang telah menyiapkan Jalan Sendowo dan Jalan Branjangan sebagai lahan parkir. (den/zal)