Jalur Dieng Kembali Dibuka

460
BISA DILEWATI: Anggota polisi mengatur sistem buka tutup di jalur menuju Dieng yang sempat ditutup sekitar 2 pekan. (DOK HUMAS POLRES WONOSOBO)
BISA DILEWATI: Anggota polisi mengatur sistem buka tutup di jalur menuju Dieng yang sempat ditutup sekitar 2 pekan. (DOK HUMAS POLRES WONOSOBO)

WONOSOBO – Terhitung mulai Rabu (13/12) sore, jalur Dieng kembali dibuka. Jembatan sementara (balley) yang selama ini digunakan saat pembangunan bahu jalan yang longsor pada 2015 lalu, juga telah dibongkar. Namun, arus lalu lintas masih diberlakukan sistem buka tutup sambil menunggu konstruksi jembatan mengeras sempurna.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras melalui Kapolsek Kejajar AKP Sukirman menyatakan, pembukaan jalur ini sebenarnya akan dilakukan Sabtu (16/12). Namun demi kelancaran dan kenyamanan masyarakat, sudah dibuka sejak Rabu sore. “Sesuai pengumuman yang diberikan, pembongkaran dilaksanakan dari tanggal 1 sampai dengan 15 (Desember). Namun karena kemarin (Rabu, 13/12) sore sudah selesai, kami minta untuk dibuka meski baru satu jalur,” kata Sukirman.

Sementara itu Kepala BPT Binamarga Wonosobo Sutrisno saat meninjau langsung lokasi menyampaikan, sistem buka tutup tetap akan dilaksanakan hingga Jumat (15/12) siang. “Hal ini dikarenakan masih dilakukannya pembersihan sisa-sisa material yang dikhawatirkan mengganggu para pengguna jalan,” katanya.

Pembukaan jalur Dieng ini disambut baik oleh warga Dieng dan sekitarnya. “Selama ini setiap mau pergi ke kota Wonosobo, kami sering terhambat perbaikan jembatan ini. Bahkan beberapa kali sempat ditutup total. Semoga setelah terbangunnya jalan ini, kami para pedagang dari Dieng bisa membawa hasil bumi ke Wonosobo dengan lancar,” kata salah seorang warga, Ahmad. (jpg/ali/ton)