190 Personel Siap Antisipasi Gangguan

248
CEK POSKO: Manajer PLN Unit Salatiga Heri Andi memeriksa peralatan dan kesiapan personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru mendatang. (IST)
CEK POSKO: Manajer PLN Unit Salatiga Heri Andi memeriksa peralatan dan kesiapan personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru mendatang. (IST)

SALATIGA – Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelayanan Salatiga memastikan tidak ada pemadaman listrik pada H-7 sampai dengan H+7 saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Pasokan listrik di wilayah ini diupayakan optimal sehingga masyarakat bisa nyaman saat merayakannya.

Jaminan itu diungkapkan Manajer PLN Unit Layanan (UL) Salatiga Heri Andi kepada wartawan usai memimpin apel pasukan dan peralatan dalam rangka menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru  di halaman Kantor PLN Unit Layanan Salatiga di Jalan Diponegoro, Rabu (13/12). “PLN memastikan tidak akan ada pemadaman listrik yang terencana,” katanya.

Namun demikian, Heri menyatakan, pemadaman mungkin saja terjadi jika ada keadaan tidak terencana, seperti bencana ataupun gangguan sistem jaringan tenaga listrik. Guna mengantisipasi, PLN Salatiga menyiagakan posko pelayanan gangguan di beberapa lokasi di Salatiga, Ambarawa, dan sekitarnya.

“Seperti biasa, kita mempersiapkan diri 24 jam untuk menjaga pasokan listrik. Siap segalanya baik tenaga tim maupun peralatan yang dibutuhkan untuk menjaga listrik. Para petugas pun sudah siap dengan segala peralatan pendukungnya,” terang Heri.

Personel yang dipersiapkan melayani gangguan listrik di wilayah Salatiga dan sekitarnya tergabung dalam beberapa regu dengan jumlah personel keseluruhan 190 orang. Mereka sudah siap dengan peralatan dan tenaga profesional. Dijelaskan pula, PLN selalu melakukan perawatan jaringan termasuk menyingkirkan hal–hal yang bisa menjadi gangguan seperti ranting pohon yang mengenai jaringan listrik.

Terlebih Salatiga termasuk daerah yang akan dilalui arus mudik Natal dan Tahun Baru yang diperkirakan cukup padat. Masyarakat diimbau cepat melapor ke PLN jika terjadi gangguan tanpa menunda-nunda dengan menelpon ke nomor 123.  Petugas akan datang ke lokasi untuk mengatasi gangguan itu. (sas/ton)