Razia, Amankan 2 Gelandangan

434

SALATIGA—Polres Salatiga dan jajaran di bawahnya menggelar operasi Cipta Kondisi jelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Selasa (12/12), Polsek Argomulyo menyisir Jalan Lingkar Salatiga (JLS). Tim mengamankan 2 orang yang diduga gelandangan dan pengemis di perempatan Randuacir.

Dua orang yang diamankan berinisial ES, 21, warga Kecamatan Tingkir Kota Salatiga dan IS, 15, warga Kecamatam Sidorejo Kota Salatiga. Setelah didata oleh Wakapolsek Argomulyo Iptu Sukarji, kedua orang tersebut dikembalikan ke tempat asalnya.

“Kemudian dilaksanakan pembinaan agar tidak menggelandang atau mengemis di jalanan. Selain mengganggu kenyamanan pengguna jalan, hal tersebut juga melanggar Perda Kota Salatiga, diingatkan pula bahwa dengan berada di jalanan tidak baik bagi kesehatan,” jelas Sukarji.

Di hari yang sama, Unit Patroli Zona Sat Sabhara Polres Salatiga menyisir daerah Perempatan Kecandran Jalan Lingkar Salatiga (JLS). Polisi sering mendapatkan laporan dari masyarakat kalau di lokasi ini sering dijumpai anak punk berkeliaran.

Dipimpin Aiptu Samsul Hadi, personil Unit Patroli Zona tiba di Perempatan Kecandran dan langsung memeriksa tempat atau warung yang biasa digunakan untuk berkumpulnya anak punk. Tapi setelah diperiksa, sasaran tak ada yang terlihat.

“Tolong ya Pak, apabila mengetahui ada anak punk di sekitar tempat ini, segera diinformasikan kepada kami, agar tidak menimbulkan masalah di sini,” imbau Samsul pada salah satu penjual warung.

Kasat Sabhara Polres Salatiga AKP Harry mengatakan, untuk mengantisipasi adanya kerawanan kamtibmas yang ditimbulkan anak-anak punk, petugas akan terus lakukan patroli di wilayah yang sekiranya digunakan berkumpulnya anak punk tersebut. (jpg/ton)