Pelaku Cekik Korban Hingga Tewas

601
KEJI: Pelaku Sunari mencekik korban Karlina yang diperankan Polwan Polres Kendal dalam reka ulang di Mapolres setempat, Selasa (12/12) kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KEJI: Pelaku Sunari mencekik korban Karlina yang diperankan Polwan Polres Kendal dalam reka ulang di Mapolres setempat, Selasa (12/12) kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL—Pelaku pembunuhan terhadap Karlina Dwi Jayanti, 21, warga Tegal, dilakukan dengan sangat keji oleh tersangka Sunari, 41, warga Kecamatan Plantungan. Pelaku memukul dan mencekik korban hingga tewas.

Hal itu terungkap dalam rekontruksi yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Kendal. Ada belasan adegan dimainkan oleh tersangka dalam reka ulang tersebut. Kejadian bermula dari perjalanan Karlina dari Jakarta hingga Sukorejo.

Kedatangan Karlina ke Kendal bersama Sunari, lantaran dijanjikan oleh pelaku untuk dinikahi dan dikenalkan dengan keluarga pelaku di Sukorejo. Karlina menagih janji tersebut, tapi mendapatkan penolakan dari Sunari. “Kami mengingap di salah satu hotel di Sukorejo. Kemudian malamnya, saya ajak korban mencari makan malam,” tuturnya.

Sunari mengajak Karlina ke sebuah jalan setapak dekat lapangan Sukorejo dekat area persawahan. Disitulah Sunari menghabisi korban Karlina. Sunari kesal karena Karlina terus menagih janji untuk dinikahi. Sementara Sunari belum bisa menikahi, lantaran masih memiliki tanggungan anak dan istri yang sah.

Disitulah kemudian terjadi cekcok. “Kemudian korban mengambil kayu bambu dan memukulkan ke saya, hingga saya tersungkur jatuh. Saya berbalik dan mencekik Karlina dan dia juga melakukan hal yang sama, mencekik saya,” jelasnya.

Cekikan keras dari Sunari ternyata menewaskan Karlina. Saat melihat Karlina lemas, Sunari meninggalkan begitu saja korban. Sebelum meninggalkan korban, terlebih dahulu Sunari membalikan tubuh korban dengan posisi tengkurap.

Beberapa saat setelah itu, dalam reka ulang tampak saksi Sutrisno dan Maryono melintas dan melihat korban. Kemudian memanggil warga sekitar untuk menolong dan melaporkan ke Polsek Sukorejo.

Kasatreskrim Polres Kendal AKP Aris Munandar menjelaskan ada 10 adegan reka ulang. Dimulai dari tersangka dan korban saat keluar dari Hotel Pringgading di Sukorejo. Sampai kejadian terbunuhnya Karlina terungkap dalam reka ulang. “Reka ulang ada 10 adegan agar kami jelas bahaimana kejadian yang sebenarnya,”ujar Aris.

Modus pelaku lantaran kesal dimintai pertanggungjawaban untuk menikahi korban. Pelaku menghabisi korban dengan cara mencekik leher hingga tewas. Atas perbuatan tersangka dijerat dengan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan 351 KUHP tentang penganiyaan yang menyebabkan korban meninggal dunia. “Ancaman pidana, 15 tahun penjara,” imbuhnnya. (bud/ida)