TERIMA PENGHARGAAN : Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Wakil Ketua KPK Laode M Syarief. (Istimewa)
TERIMA PENGHARGAAN : Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Wakil Ketua KPK Laode M Syarief. (Istimewa)

JAKARTA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng kembali menerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga antirasuah ini menyatakan Jateng sebagai pemerintah daerah dengan tingkat kepatuhan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) terbaik tahun 2017.

Penghargaan diserahkan Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (12/12) kemarin. Acara tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2017 yang dimulai sejak Senin (11/12).

Selain Jateng, hanya empat pemerintah daerah lain yang mendapat penghargaan serupa. Yakni Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Nusa Tenggara Barat, Pemkab Sampang, dan Pemkot Jogjakarta. Lainnya adalah lembaga sekelas kementerian, Bank Indonesia, dan perusahaan milik negara atau BUMN.

Ganjar Pranowo mengatakan, sejak awal menjabat dirinya, serius ingin mewujudkan reformasi birokrasi di Jateng. Satu di antaranya dengan mendorong pelaporan LHKPN untuk perwujudan birokrasi yang bersih. Dengan pelaporan harta yang tertib, maka penerimaan pejabat yang tidak sah, baik dari hasil korupsi maupun gratifikasi, bisa diminimalkan.

Untuk itu, ia menerbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jateng Nomor 770/4 Tahun 2014. Isinya adalah ketentuan pelaporan LHKPN di lingkungan Pemprov Jateng diwajibkan bagi pejabat eselon I sampai eselon IV serta direksi, komisaris, dewan pengawas BUMD milik Provinsi Jateng. “LHKPN sampai eselon IV ini meniru sistem di sejumlah kementerian, belum banyak pemerintah daerah yang melakukan ini,” katanya.

Dengan demikian, telah tiga tahun berturut-turut, Pemprov Jateng menerima penghargaan dari KPK. Tahun 2016 , KPK memberikan penghargaan pencegahan gratifikasi pada Pemprov Jateng. Kategori yang diperoleh yaitu Pemerintah Daerah dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik.