SABET EMAS: Selebrasi binaragawan dari Jateng, Bambang W setelah menerima medali emas yang diserahkan Ketua Pengprov PABBSI Jateng Mayjend TNI (Purn) Sunindyo (paling kanan). (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SABET EMAS: Selebrasi binaragawan dari Jateng, Bambang W setelah menerima medali emas yang diserahkan Ketua Pengprov PABBSI Jateng Mayjend TNI (Purn) Sunindyo (paling kanan). (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Sebagai tuan rumah, Jateng sukses menyabet gelar juara umum dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Binaraga Mr. Indonesia 2017 yang digelar di UTC Semarang, Sabtu (10/12). Dari 8 kelas yang dipertandingkan, Jateng berhasil mencuri 4 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Medali emas dipersembahkan Agus Widiatmoko di kelas 85 kilogram, Sang Sang 80 kilogram, dan Bambang W 70 kilogram. Untuk perak, didapat Sarwanto di kelas 65 kilogram. Sementara 2 medali perunggu yang disumbangkan Budiono di kelas 65 kilogram dan Didik 55 kilogram.

Lima medali emas di kelas lain direbut Samsul Bahri dari Banten di kelas 55 kilogram, Jefry Johanes (Sulteng) di kelas 60 kilogram, Andri (Jabar) kelas 65 kilogram, Iwan Samurai (Sumbar) kelas 75 kilogram, dan Sujarwanto (Kaltim) di kelas 85 kilogram+.

Melihat hasil itu Ketua Pengprov Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Jateng, Mayjend TNI (purn) Sunindyo mengaku cukup puas. Apalagi, total peserta tahun ini meningkat signifikan dari Kejurnas sebelumnya.

Dalam kejurnas bertajuk Mr. Indonesia tersebut, diikuti hampir 320 binaragawan dari seluruh Indonesia. Mereka bertanding di empat kategori yakni body building (binaraga), men’s sports physique championship, men’s atletic physique championship dan men’s fitness championship. Jumlah tersebut melonjak tajam dari peserta di tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh 230 binaragawan.

“Jumlah peserta 320 binaragawan ini luar biasa, belum pernah ada kejuaraan binaraga dengan angka peserta sebanyak itu. Ini artinya olahraga ini diminati masyarakat Indonesia dan semakin popular,” katanya. Karena itu pihaknya akan terus berupaya mengembangkan binaraga. Diantaranya secara rutin menggelar kejuaraan berkelas seperti Mr. Indonesia ini. “Ke depan bukan tidak mungkin kita gelar kejuaraan binaraga berkelas internasional di Jawa Tengah,” tegas mantan Pangdam IV/Diponegoro ini.