Belajar Melukis Sekaligus Bahasa Inggris

388
LATIHAN TERUS: Bagus Sambudi saat memandu salah seorang anak didiknya untuk melukis. (IST)
LATIHAN TERUS: Bagus Sambudi saat memandu salah seorang anak didiknya untuk melukis. (IST)

TENGARAN – Belasan anak usia 5 sampai 11 tahun terlihat serius memperhatikan arahan Bagus Sambudi, seorang guru lukis bagi anak-anak di Dusun Karang Balong Desa Bener Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Anak – anak tersebut berasal dari sekitar Dusun Karang Balong dan perumahan Senjoyo serta Taman Manunggal Asri.

Bagus Sambudi mengajarkan teknik melukis yang memang beda dari pada umumnya. Selain belajar melukis, siswa yang rata-rata masih bersekolah di bangku SD itu juga diberikan pelatihan sederhana dalam berbahasa Inggris. Meski baru berjalan setahun belakangan ini, namun minat anak yang mengikuti cukup lumayan.

Kegiatan ini selalu diadakan setiap Sabtu selama dua jam bertempat di Griyo Wingking milik Suryawan di Dusun karangbalong Bener Tengaran. Sebelum aktif mengajarkan seni lukis, Bagus dulunya berkreasi sebagai guru musik dan seni di Ambarawa. “Potensi anak harus digali dan diarahkan, apalagi anak sekolah di zaman now seperti sekarang ini, di zaman teknologi, anak lebih sering main gawai dan komputer,” jelas Bagus.

Suryawan menambahkan, untuk membangun karakter anak, pihaknya berusaha menyediakan fasilitas bermain dan belajar bersama. Harapannya, anak bisa bermain dan mempunyai masa depan yang bagus.

Suryawan mengatakan, perkembangan anak saat ini lebih banyak berkutat dengan teknologi dan ego-main-sentris sehingga anak kurang bisa bersosialisasi dengan pihak lain. Dengan melukis, diharapkan mereka akan tumbuh menjadi generasi yang mempunyai empati tinggi.

Camat Tengaran Sigit Suripno mengaku bangga dengan apa yang sudah dilakukan warganya. Pihak kecamatan selalu mendukung dan akan menyalurkan kegiatan lukis dan seni ini. (sas/ton)