SEMARANG – Dalam rangka HUT ke-60 Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang terbentuk pada 23 Desember 1957, IAI Wilayah Jateng bakal menggelar sejumlah kegiatan sosial. Seperti akuntan mengajar dan akuntan masuk desa.

Wakil Ketua Panitia HUT ke-60 IAI, Hendri Santosa menyampaikan, kegiatan akuntan mengajar akan digelar di 25 SMK negeri dan swasta di sejumlah wilayah di Jateng. Rencananya akan diikuti sedikitnya 40 akuntan. Sementara akuntan masuk desa, bentuknya memberikan bimbingan teknis pengelolaan keuangan desa. Pendampingan akan dilakukan di sejumlah desa di Kabupaten Demak.

“Kami menyadari, untuk pengelolaan keuangan desa masih dibutuhkan bimbingan dari tenaga professional,” katanya. Karenanya, pihaknya berupaya memberikan bantuan teknis dalam pengelolaan keuangan desa kepada perangkat desa dan pengelola keuangan di Kabupaten Demak. Sehingga diharapkan mereka tidak salah dalam pengelolaan dana, khususnya menyangkut pertanggungjawabannya.

Untuk memajukan pengusaha kecil, IAI akan memberikan coaching clinic untuk UMKM di Jawa Tengah bertajuk Akuntan Sahabat UMKM. Mereka yang terlibat adalah para akuntan yang tergabung dalam Kantor Jasa Akuntansi.

Tidak hanya itu, Hendri menyampaikan, pihaknya juga memberikan beasiswa ujian sertifikasi ahli keuangan daerah yang dilaksanakan di Kantor BPK Jawa Tengah dengan 140 peserta dari pemerintah kabupaten/ kota dari dalam maupun luar Jawa Tengah. “Beasiswa lainnya yang juga difasilitasi IAI adalah beasiswa ujian sertifikasi chartered accountant (CA) bagi 154 mahasiswa akuntansi dari perguruan tinggi di dalam dan luar Jawa Tengah,” ujarnya.

Puncak Acara HUT ke-60 IAI ditandai dengan diselenggarakannya seminar Internasional pada 14-15 Desember 2017 di Hotel Crowne Plaza dengan narasumber beberapa menteri Kabinet Kerja serta pembicara dari luar negeri.

“Rencananya acara akan dibuka oleh Presiden RI. Dan Kamis malamnya (14/12) akan diadakan gala dinner di Wisma Perdamaian dengan acara wayang orang eksekutif dengan pemain pimpinan IAI Pusat, Gubernur Jawa Tengah dan Sekda Jawa Tengah,” tandasnya. (amh/ric)