DIMINATI : Salah satu peserta job fair Udinus mendaftar di salah satu stan bank swasta yang ada di Semarang. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIMINATI : Salah satu peserta job fair Udinus mendaftar di salah satu stan bank swasta yang ada di Semarang. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tingginya minat kerja di dunia perbankan membuat Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Career Center (UCC) menggandeng Perhimpunan Bank Swasta Nasional (Perbanas), untuk menggelar Job Fair Udinus ke 19, Minggu (10/12). Sebanyak 3600 pelamar memadati job fair untuk mendapatkan kesempatan bekerja di dunia perbankan.

Tercatat ada 30 bank anggota Perbanas turut serta dan menyediakan lowongan kerja untuk lulusan jenjang SMA/SMK, Diploma III, dan Strata 1. Job fair yang buka untuk umum ini juga digunakan untuk memfasilitasi lulusan Udinus yang belum lama ini melepas 742 wisudawan.

“Selain job fair, juga ada seminar kreatif dari Perbanas. Selain itu juga ada live music dari UKM musik, lomba fotografi, culinary expo dan yang lainnya,” kata Kepala UCC Andik Setyono, Minggu (10/12).

Ia menerangkan, UCC dan Perbanas juga menyediakan Konseling Karir di area Job Fair gedung E lantai 3. Konseling Karir tersebut akan ditangani langsung oleh pelaku industri perbankan yang sudah mumpuni.“Para job seeker nanti bisa ketemu dengan petinggi perbankan langsung di Konseling Karir ini,” tambahnya.

Humas Udinus, Agus Triyono menerangkan peluang kerja di dunia perbankan saat ini sangat diminati dan terbuka lebar. Dengan diadakannya job fair tersebut, diharapkan dapat memperpendek massa tunggu lulusan Udinus. Sekaligus memanfaatkan ijazah dan ilmu yang didapat untuk diaplikasikan di dunia kerja. “Jadi masa menganggurnya tidak lama, setelah lulus dengan job fair ini mereka bisa langsung bekerja,” jelasnya.

Dikampus Udinus sendiri memiliki beberapa jurusan dengan basic ekonomi yang cocok bagi dunia perbankan. Salah satunya Ekonomi Managemen dan Akuntansi. Dalam dunia kerja hard skill, lulusan Udinus juga dibeli soft skill untuk bersaing dengan lulusan univeritas lain di dunia kerja. Dirinya pun yakin, jika mahasiswa Udinus yang telah lulus mampu bersaing dan memanfaatkan peluang yang ada. (den/ric)