Padukan Semua Potensi Desa

Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono

405
POTENSI WISATA: Wisata grojogan yang dikenal dengan Grojogan Klenting Kuning menawarkan pemandangan alam yang cukup bagus. (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
POTENSI WISATA: Wisata grojogan yang dikenal dengan Grojogan Klenting Kuning menawarkan pemandangan alam yang cukup bagus. (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SUMOWONO – Desa Kemawi kecamatan Sumowono memiliki sejumlah potensi, diantaranya ada hasil pertanian berupa sayur mayur, berbagai macam olahan makanan dan minuman serta potensi wisata alam. Untuk yang terakhir, Desa ini memiliki wisata grojogan yang dikenal dengan Grojogan Klenting Kuning.

Dikatakan oleh Siti Munandiroh, sekretaris Desa Kemawi, wisata grojogan ini menawarkan pemandangan alam yang cukup bagus. Aliran air di bebatuan berwarna kuning dengan sejumlah bunga di sekitar membuat siapapun yang datang ke tempat ini akan merasakan kenyamanan.”Karena airnya itu mengandung belerang jadi bebatuannya menjadi berwarna kuning. Tapi tidak air panas, airnya dingin biasa,” ujar Siti Munandiroh, kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sunyoto (IST)
Sunyoto (IST)

Dirinya menjelaskan, objek wisata ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. Diantaranya ada gazebo, tempat outbond, taman bermain, serta 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda. ”Kolamnya memang ada yang untuk anak-anak, sekoitar 50 cm. Ada yang lebih dalam lagi dan ada yang untuk dewasa juga,” kata dia.

Ditambahkan Sunyoto Kades Kemawi, keselamatan pengunjung memang menjadi perhatian utama. Sebab, pengelolaan wisata ini dilakukan dengan memegang prinsip sapta pesona, yang mana di dalamnya harus memperhatikan tingkat keamanan.

Prinsip keamanan ini, selain pada desain kolam, praktiknya juga dilakukan dengan membangun sejumlah bangunan untuk berlindung para pengunjung ketika hujan datang. ”Keamanan memang menjadi yang utama. Kami memperhatikan betul itu,” tegasnya.

Sunyoto melanjutkan, keberadaan curug yang menjadi unggulan Desa Kemawi ini, kemudian dipadukan dengan potensi desa lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diantaranya dengan membentuk desa wisata. ”Kemawi memang sudah menjadi desa wisata dengan sejumlah paket. Kita juga menyediakan homestay bagi mereka yang mengambil paket wisata untuk menginap,” ujarnya.

Di desa wisata ini, pengelola menawarkan sejumlah sajian menarik kepada para pengunjung. Diantaranya adanya welcome dance atau tarian selamat datang berupa kesenian reog dan sejumolah kesenian lainnya. Bahkan, jika memang dikehendaki, Desa ini juga akan menyajikan pertunjukan opera Klenting Kuning yang dimainkan oleh anak-anak sekitar.

”Selain itu, potensi yang kami padukan dengan wisata ini adalah hasil pertanian. Sayuran di sini kami kemas dengan sedemikian rupa untuk menjadi oleh-oleh  bagi para pengunjung,” kata kades yang memiliki slogan bersatu membangun edsa lebih maju ini.

Keberadaan Desa wisata ini dinilai sangat bagus karena dapat memberikan dampak berupa terbukanya lapangan kerja. Terutama bagi para pemuda yang oleh Kepala Desa diberikan kesempatan untuk ikut mengelola kekayaan desa ini.

”Ini nanti malam tahun baru juga akan ada kegiatan di sini yang dilaksanakan oleh para pemuda desa sini. Berupa penampilan potensi lokal Desa. Jadi nanti kesenian dan yang lain sebagainya akan ditampilkan di malam itu nanti. Anda bisa datang ke sini,” ujarnya menawarkan. (cr4/bas)