KUDUS – Rekomendasi cabup (calon bupati) dari Partai Gerindra untuk Pilkada Kudus 2018 hingga sekarang belum turun. Meski begitu, sudah hampir dipastikan partai besutan Prabowo Subianto ini mendukung kadernya sendiri, Sri Hartini yang sekarang menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jateng.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid. ”Dari tujuh daerah yang menyelenggarakan pilkada di Jateng, baru empat daerah yang rekomendasinya sudah keluar. Sementara tiga daerah lain belum, termasuk di Kabupaten Kudus,” ucap Abdul Wachid saat menghadiri Pengajian Maulid Nabi dan Konsolidasi Partai Gerindra di Rumah Aspirasi Jepang Pakis, Jati, Kudus, kemarin sore.

Dia mengaku, mencari figur bupati di Kudus memang tidak mudah. Butuh pertimbangan yang cukup matang. Meski begitu, dia menegaskan jika saat ini sudah punya calon yang bakal diberikan rekomendasi cabup. Yakni Sri Hartini. ”Soal rekomendasi cabup di Kudus hingga sekarang memang belum keluar. Namun sudah pasti akan jatuh ke Ibu Sri Hartini. Itu sudah 99 persen,” tuturnya.

Menurutnya, bakal cabup yang mendaftar lewat Partai Gerindra ada dua orang. Yakni Sri Hartini dan M Tamzil. Namun, sesuai instruksi dari Ketua Umum Prabowo Subianto, Partai Gerindra tidak akan memberikan rekomendasi kepada seseorang yang pernah melakukan korupsi. ”Yang penting tak pernah korupsi. Kalau sudah pernah korupsi, Pak Prabowo tidak mau memberikan rekomendasi,” tegasnya.

Dengan begitu, hampir dipastikan rekomendasi dari partai tersebut akan jatuh ke Sri Hartini. Sebab, seperti diketahui, M Tamzil yang juga mendaftar di Partai Gerindra pernah terjerat kasus korupsi. Mantan Bupati Kudus periode 2003-2008 itu, sempat divonis majelis hakim Tipikor Semarang.

Abdul Wachid menambahkan, warga Kudus butuh pemimpin yang bersih, dan itu tampak pada diri Sri Hartini. ”Boro-boro melakukan korupsi, (Sri Hartini) tercium baunya (korupsi) saja tidak,” katanya. Untuk itulah, dia berpesan kepada seluruh kader partainya yang hadir di acara tersebut untuk bersama-sama memenangkan Sri Hartini menjadi Bupati Kudus.

Bacabup Sri Hartini mengatakan, pihaknya optimistis rekomendasi jatuh ke tangannya. Untuk itu, dia menyerukan kepada seluruh pendukungnya supaya bekerja keras memenangkan Pilbup 2018 mendatang. ”Saya minta dukungan supaya nanti bisa memimpin Kudus. Memang harus bekerja keras. Untuk itu, saya meminta para kader terus bersemangat memenangkan Pilbup 2018,” ucapnya.

Dalam acara itu, selain dihadiri ratusan kader dan simpatisan partai, juga didatangi perwakilan sejumlah partai lain. Diantaranya PAN dan PKS. Adapun pengisi acara, mendatangkan Kiai Idham Kholid dari Demak. (lil/lin/ric)