Suka Belajar Sejarah

87
Ria M Rohmah (ISTIMEWA)
Ria M Rohmah (ISTIMEWA)

BANYAK hal menarik yang dapat diambil dari mengenal dan memahami rentetan sejarah. Hal ini juga yang menjadikan Ria M Rohmah tertarik untuk terjun sebagai Pemandu Museum. “Sejak kecil memang sudah tertarik dengan sejarah, jadi dari dulu suka baca-baca buku sejarah, kemudian juga ikut diskusi dan kegiatan-kegiatan lain yang mengupas sejarah,” ujar perempuan yang aktif sebagai pemandu di Museum Ranggawarsita ini.

Minatnya itu tersalurkan selama berkecimpung sebagai pemandu. Tak hanya diberi kesempatan untuk terus belajar, tapi juga mengasah berbagai keterampilan lain dan berkomunikasi dengan berbagai karakter.

“Pengunjung museum beragam, mulai usia Taman Kanak-Kanak hingga dewasa dengan latar belakang pendidikan yang jauh di atas saya. Itu semua menjadi tantangan tersendiri, bagaimana menyampaikan informasi dari berbagai koleksi di museum dengan bahasa dan cara yang berbeda,” kata alumnus Sastra Indonesia, Universitas Diponegoro (Undip) ini.

Selain itu, lanjutnya, museum kini banyak bekerjasama dengan berbagai komunitas. Hal tersebut juga memberikan keasyikan tersendiri bagi perempuan asal Rembang ini. “Saya banyak dapat teman, pengetahuan dan pengalaman dari rekan-rekan dengan komunitas yang beragam,”ujarnya.

Perempuan yang juga senang menjadi MC ini tak hanya aktif di dalam museum. Sesekali ia juga bertukar pikiran dengan sesama pemandu dari museum lain maupun pemandu-pemandu lokal dari berbagai lokasi wisata.

“Saat ini saya masih menjadi pemandu khusus, ke depan inginnya menjadi pemandu lokal. Karena itu saya perlu bekali diri dengan lebih banyak wawasan. Sehingga saya juga bisa turut serta memajukan pariwisata negeri ini,”katanya. (dna/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here