Sertifikat Halal Bisa Tingkatkan Kepercayaan

78
HALAL: Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan sertifikatn halal dalam acara Festival Halal Food 2017. (IST)
HALAL: Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan sertifikatn halal dalam acara Festival Halal Food 2017. (IST)

WONOSOBO – Bupati Wonosobo Eko Purnomo memberikan sertifikat halal kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penyerahan sertifikat dilakukan bersamaan dengan digelarnya Festival Halal Food 2017 dan talkshow yang digagas Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM di Gedung Sasana Adipura Kencana, Rabu (4/12).

Eko menyampaikan apresiasi positif dengan terselenggaranya acara yang dinilai penting dalam upaya meningkatkan daya saing produk UMKM Wonosobo. Sekaligus mengembangkan jaringan sistem usaha bagi produk-produk unggulan melalui fasilitas sertifikat mutu produk berupa izin P.IRT Depkes dan Sertifikat Label Halal dari LPPOM MUI yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

“Sehingga menjadikan pemberdayaan UMKM semakin bermanfaat dan multiplier effect yang sangat positif untuk mendukung UMKM naik kelas serta sebagai upaya promosi dan peningkatan kemitraan jaringan usaha” katanya.

Eko menambahkan, dengan melihat jumlah pelaku UMKM di Wonosobo yang sangat besar yakni 59.248 unit usaha, tentu bisa menjadi tulang punggung perekonomian. “Dengan angka yang besar ini menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian, juga sebagai pahlawan ekonomi, maka pemberdayaannya harus ditangani secara kompak dengan menjalin sinergitas antarlembaga, baik BUMN, perbankan, agen jasa, dan lainnya,” katanya.

Menurut Eko, kegiatan ini bukan hanya sebagai upaya meningkatkan kemitraan jaringan usaha, namun peserta festival juga akan mendapatkan pencerahan motivasi dan roh yang mendukung kejayaan UMKM Wonosobo, yakni dengan Gerakan Bangga Bela Beli Produk Wonosobo. “Ke depan, UMKM Wonosobo dengan aneka ragam produk unggulannya mampu berkontribusi positif dan kuat dalam mendukung kejayaan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Wonosobo,” jelasnya. (ali/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here